Dukungan Sekolah Terhadap Guru untuk Melakukan Pengembangan Keprofesionalan dalam Menghadapi MEA

Siti Marfu’ah, Nova Eka Budiyanta

Abstract

Masyarakat Ekonomi Asean (ASEAN) menjadi tantangan bagi SMK untuk terus meningkatkan mutu dan relevansinya agar lulusan SMK dapat bersaing dalam merebut peluang kerja yang muncul. Mutu lulusan SMK sangat ditentukan oleh peran guru dalam mengelola pembelajaran. Guru dituntut aktif melakukan pengembangan keprofesionalan agar kompetensi profesional yang dimiliki sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta selaras dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sekolah terhadap guru untuk melakukan pengembangan keprofesionalan dalam menghadapi MEA. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek ujicoba terdiri atas 30 guru dan 30 peserta didik dari 8 SMK Negeri dan Swasta di Provinsi Bangka Belitung. Pengumpulan data digunakan kuesioner. Uji validitas dilakukan melalui expert judgement dan korelasi product moment. Hasil uji validitas instrumen terhadap 19 item pernyataan, dinyatakan valid sebanyak 18 item dengan nilai rxy antara 0,446 sampai dengan 0,858. Uji reliabilitas dilakukan perhitungan Cronbach Alpha diperoleh nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,940. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa 46,7% guru mendapatkan dukungan yang amat baik, 36,7% guru mendapatkan dukungan yang cukup baik, dan 16,7% guru mendapatkan dukungan yang baik dari sekolah untuk melakukan pengembangan keprofesionalan. Dukungan tersebut berupa adanya program sekolah yang mendukung kegiatan guru, penyediaan sumberdaya pendukung, perlindungan terhadap faktor pengganggu, kesempatan untuk bereksperimen, dan dukungan teman sejawat.

 

Kata Kunci: kompetensi, profesional, relevansi.


 

Full Text:

PDF

References

Barker, D.G. (2010). On Teacher Beliefs, Self-Identity and The Stages of Professional Development. Jurnal Lingvarvm Marena, 1, 25-42.

Blase, J. & Blase, J. (1999). Effective Instructional Leadership : Teachers’ Persperctive on How Principal Promote Teaching and Learning in Schools. Journal of Educational Administration.

Bubb, S & Early, P. (2005). Managing Teacher Workload (Work-Life Balance and Wellbeing). London : Paul Chapman Publishing.

Davidson & Santorelli. (2010). The Impact of Broadband on Education. Washington : U.S. Chamber of Commerce.

Dharma, S. et al. (2013). Tantangan Guru SMK Abad 21. Jakarta: Kemdikbud.

Eady, M.J. & Lockyer. Tools for Learning : Technology and Teaching Strategies. Queensland : University of Wollongsong Australia.

Guskey, T.(2000).Evaluating Professional Development. California: Corwin Press, Inc.

Hilton, A. et al. (2015). School leaders as Participants in Teachers’ Professional Development : The Impact on Teachers’ and School Leaders’ Professional Growt. Australian Journal of Teacher Education. 104-125.

Holland, P.E. (2009). The Principal’s Role in Teacher Development. SRATE Journal. 16-24.

Issah, E. Abubakari, A.R, Wuptiga, I.J. (2016). State of Academic Fasilities and Its Influence on Teachers’ Job Stress in Tamale Polytechnic. Journal of Business Management. 24-31.

Richards, J.C. & Farrell, T.S.C. (2010). Professional Development for Language Teachers. New Delhi : Cambridge University Press.

Robertson, J & Timperley, H. (2011). Leadeship and Learning. London : SAGE.

Rufai, A. et.al. (2013). Provision of Workshop Tools adn Equipment : Necessity for Technical Education Graduates Skills Acquisition. Prociding of 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE) 2013. 74-78.

Lallimo, J. Ryymin, E. (2008). Teacher Professional Development in a community : A study of the central actors, their networks and web-based learning. Journal of E-Learning and Education, 1(4), 1.

Susilowati, I. Sutanto, H.I, & Daharti, R. (2013). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 6, 80–92.

Timperly, H. et al. (2007). Teacher Professional Learning and Development. New Zealand : Iterative Best Evidence Synthesis Programme.

Yusof, Y. Roddin, R & Wawang, H. (2015). Teachers’ Teaching Approaches to the Development of Students’ Generic Competences. Prociding 4th World Congress on Technical and Vocational Educational and Training (WoCTVET). 36-44.

-------. (2010). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru (Buku 1) : Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.