Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Melakukan Instalasi LAN Di SMK Negeri 1 Sawit
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh (1) minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran melakukan instalasi LAN; (2) fasilitas laboratorium komputer terhadap prestasi belajar peserta melakukan instalasi LAN; (3) minat belajar komputer dan fasilitas laboratorium terhadap prestasi belajar melakukan instalasi LAN. Populasi berjumlah 60 siswa kelas XI teknik komputer dan jaringan, dengan teknik simple random sampling sebanyak 53 siswa digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode ex - post facto kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner/angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi tunggal dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, variabel minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran melakukan instalasi LAN. Kedua, variabel fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran melakukan instalasi LAN. Ketiga, variabel minat belajar dan fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran melakukan instalasi LAN. Variabel minat belajar adalah variabel paling signifikan dalam mempengaruhi prestasi belajar. Keempat, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,360 menunjukkan nilai sumbangan efektif minat belajar dan fasilitas laboratorium komputer. Hal tersebut menunjukkan dua variabel prediktor secara bersama–sama memberikan persentase sumbangan pengaruh khususnya pada mata pelajaran melakukan instalasi LAN di SMK Negeri 1 Sawit sebesar 36%, sedangkan sisanya 64% dipengaruhi variabel – variabel lain di luar penelitian ini.
Kata kunci : minat, fasilitas, prestasi, belajar
Full Text:
PDFReferences
Sari, A.M. (2014) Pengaruh Minat Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi : Survey Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Se-Kota Bandung. Diambil kembali dari E- Prints UPI.
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pramesthi, G.A.D. (2014). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Komputer Sebagai Pendukung Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di SD Negeri Wuluhadeg. Diambil kembali dari E- Prints UNY.
Nurcahyanto, G. (2017). Pengaruh Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Komputer Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pilihan Praktik Komputasi Media Pembelajaran Biologi. Diambil kembali dari Repositori Institusi UKSW.
M. Saleh H. Emha, dkk. (2002). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukminin, M.A. (2012). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Kelas Dengan Minat Belajar Pada Siswa Di Kelas Enrichment MAN Kota Blitar. Diambil kembali dari digital library UIN Sunan Ampel.
Affafa, R.G. (2017). Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Paket Keahlian (C3), Motivasi Belajar Dan Bimbingan Industri Terhadap Capaian Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Multimedia SMK Negeri 3 Surakarta. UNS : Tidak diterbitkan.
Iptian, R. (2017). Pengaruh Minat Belajar, Tingkat Kedisiplinan Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS Di SMA N 1 Sedayu Tahun Ajaran 2016/ 2017. Diambil kembali dari E- Prints UNY.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1 Tentang Hak Asasi Untuk Mendapat Pendidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.