PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN PESERTA DIDIK KELAS XII AKL SMK X
Abstract
Abstract This research aims to asses the correlation between Parental Attention and Self Efficacy with Student Cognitive Learning of AKL student of SMK X Surakarta. The method used in this research study is quantitative method. The population are class X, XI and XII majoring AKL SMK X Surakarta. Data analysis techniques used in this research is descriptive statistical analysis and inferential analysis (prerequisite test analysis and hypothesis testing). The validity of the data was obtained through validity and realibility testing. The result of this study showed that: First, there is a positive and significant correlation between Parental Attention with Student Cognitive Learning of AKL Student of SMK X Surakarta. This state is indicated by the significant value of simple correlation 0,024 (Sig < 0,05). Second, there is a positive and significant correlation between Self Efficacy with Student Cognitive Learning of AKL Student of SMK X Surakarta. This state is indicated by the significant value of simple correlation 0,000 (Sig < 0,05). Third, there is a positive and significant correlation between Parental Attention and Self Efficacy with Student Cognitive Learning of AKL Student of SMK X Surakarta. This state is indicated by the significant value of F test 0,044 (Sig < 0,05). Keyword : Parent Attention, Self Efficacy, Student Cognitive Learning Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perhatian orang tua dan self efficacy dengan hasil belajar kognitif peserta didik AKL SMK X Surakarta. Populasi penelitian ini yaitu kelas X, XI dan XII jurusan AKL SMK X Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial (uji prasyarat analisis dan uji hipotesis). Keabsahan data diperoleh melaluli uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar kognitif peserta didik AKL SMK X Surakarta. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi pada korelasi sederhana sebesar 0,024 (Sig < 0,05). Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan hasil belajar kognitif peserta didik AKL SMK X Surakarta. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi pada korelasi sederhana sebesar 0,000 (Sig < 0,05). Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan self efficacy secara bersama dengan hasil belajar kognitif peserta didik AKL SMK X Surakarta. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,044 (Sig < 0,05). Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Self Efficacy, Hasil Belajar Kognitif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.