KEEFEKTIFAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK KABUPATEN SUKOHARJO

Rima Febriyani Febriyani, Sudiyanto Sudiyanto, Lies Nurhaini

Abstract

Abstrak

The purpose of this study was to determine the effectiveness of developing a higher order thinking ability test instrument in accounting learning at SMK Sukoharjo Regency as a whole and partially on the aspects of introduction, transactions, and results.This research is included in the evaluation research using a quantitative approach.Based on the data analysis conducted, overall the development of the higher order thinking ability test instrument was ineffective, while partially on the antecedent, transaction, and outcomes aspects, they were ineffective, ineffective, and ineffective, respectively.These results indicate that the teacher's pedagogical ability in developing a test instrument for high-level thinking skills is low, so it is still necessary to increase the ability of teachers through workshops, seminars, scientific publications, and other communication forums. Keywords: Evaluation, Instrument Development, HOTS

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui keefektifan pengembangan instrument tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajarana kuntansi di SMK Kabupaten Sukoharjo secara keseluruhan dan secara parsial pada aspek antecedent, transaction, dan outcomes. Penelitian ini termasuk dalam penelitian evaluasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, secara keseluruhan pengembangan instrument tes kemampuan berpikir tingkat tinggi tidak efektif, sementara secara parsial pada aspek antecedent, transaction, dan outcomes secara berturut-turut tidak efektif, tidak efektif, tidak efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan pedagogik guru dalam mengembangan instrument tes kemampuan berpikir tingkat tinggi rendah, sehingga masih perlu adanya peningkatan kemampuan guru melalui workshop, seminar, publikasi ilmiah, dan forum komunikasi lain. Kata kunci : Evaluasi, Pengembangan Instrumen, HOTS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.