HUBUNGAN ANTARA POTENSI DIRI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII AKUNTANSI PADA SMK NEGERI DI SURAKARTA

Tasya Afrilya Salsabilah, Sigit Santoso, Jaryanto Jaryanto

Abstract

ABSTRACT This research aimed to examine the relationship between self-potency and parent’s socioeconomy with the interest in continuing the study in the universities students of class XII Accounting of Surakarta State Vocational High School. This research’s method used decriptive quantitative method. The population in this study were 279 students of class XII Accounting of Surakarta State Vocational High School school year of 2021/2022. The sample in this study were 165 students who were chosen using Proportional Random Sampling. The data collection techniquue used in this study used a questionnaire and documentation. The data analysis techniquue used descriptive statistical analysis, simple correlation, multiple correlation, multiple linear regression analysis, coefficient determination, and simultaneous test. The result of this study indicate that there is a positive and significant relationship between self-potency and parent’s socio-economy with the interest in continuing the study in the universities students of class XII Accounting of Surakarta State Vocational High School. Keyword: Self-Potency, Parent’s Socio-Economy, The Interest In Continuing The Study In The Universities. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara potensi diri dan status sosial ekonomi orang tua dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII Akuntansi pada SMK Negeri di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Surakarta angkatan 2021/2022 sebanyak 279 siswa. Sampel yang diperhitungankan dengan menggunakan rumus slovin dan diambil sebanyak 165 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi ganda, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara potensi diri dan status sosial ekonomi orang tua dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII Akuntansi pada SMK Negeri di Surakarta. Kata kunci: Potensi Diri, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.