PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Sumaidi Sumaidi, Susilaningsih Susilaningsih, Nurhasan Hamidi

Abstract

ABSTRACT The study aimed to examine the effect of character education in e-learning toward student achievement. The research method used in this study is a quantitative with correlational method. The population in this study were all the students of Accounting Education have been finished of accounting for shariah banking courses. Samples of the research were 73 students who were selected using the purposive sampling technique. Data collection techniques used in this study are using questionnaires and documentation. The questionnaire was used to collect data on variable character education in E-Learning, documentation was used to collect data on a student achievement of accounting for shariah banking courses. Validity testing used product moment technique and reliability testing used cronbach Alpha technique. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis and inferential analysis (normality test, linearity test and heteroscedasticity test). To test the hypothesis was used simple regression analysis. The results of this study showed that there was a positive and significant influence between character education in E-Learning and student achievement. This is evidenced by simple regression test with the equation model Y = 47,826 + 0,452X that the calculated tvalue is greater then ttable (3,740 > 1,993 are statiscally significant,), and Fvalue is greater then Ftable (13,987 > 0,252) and the significance value is less than 0.05 (0,000 < 0,005). Keywords: Character Education, E-Learning, Student Achievement ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter dalam pembelajaran daring terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret yang telah menyelesaikan mata kuliah Akuntansi Perbankan Syariah. Sampel yang diambil dari populasi penelitian sejumlah 73 mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data pendidikan karakter dalam pembelajaran daring, dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar mata kuliah akuntansi perbankan syariah. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliablitas menggunakan metode Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji Hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan karakter dalam pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata kuliah akuntansi perbankan Syariah. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian regresi sederhana yang menghasilkan model Y = 47,826 + 0,452X dengan nilai thitung sebesar 3,740 (3,740 > 1,993), dan Uji signifikansi dengan Fhitung sebesar 13,987 (13,987 > 0,252), dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Kata kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.