HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DAN SELF-COMPASSION DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA
Abstract
ABSTRACT
This research aimed to determine the relationship between resilience and self-compassion with emotional intelligence in students. This research was an associative research with survey method. The population of this research were 304 students. The samples in this research amounted to 173 students taken by proportionate stratified random sampling technique. The data was collected by using questionnaires. In analyzing the data, the researcher used multiple correlation analysis. The results of the research showed that the resilience value rstat. > rcrit. (0.862 > 0.1493), at a significance level of 0.000 <0.05. The calculated self-compassion value rstat. > rcrit. (0.824 > 0.1493), at a significance level of 0.001 <0.05. Fstat > Fcrit. (307,578 > 3,05) on the variable of emotional intelligence at a significance level of 0,000 < 0.05. The results of the research proved that resilience and self-compassion had a positive relationship with emotional intelligence both partially and simultaneously.
Keywords: resilience, self-compassion, emotional intelligence, accounting.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara resiliensi dan self-compassion dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan metode survei. Populasi penelitian berjumlah 304 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 173 mahasiswa yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai resiliensi rhitung > rtabel (0,862 > 0,1493), pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai self-compassion rhitung > rtabel (0,824 > 0,1493), pada taraf signifikansi 0,001 < 0,05. F hitung > Ftabel (307,578 > 3,05) pada variabel kecerdasan emosional pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penelitian membuktikan bahwa resiliensi dan self-compassion memiliki hubungan positif dengan kecerdasan emosional baik secara parsial maupun simultan.
Kata kunci: resiliensi, self-compassion, kecerdasan emosional, akuntansi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aksaria, M. M. (2014). Studi Korelasional
Mengenai Hubungan Antara Self-Compassion dan Kecerdasan Emosional
pada Guru SLB-C di Kota Bandung.
Skripsi.
Aripah, A. N., Harsanti, I., & Salve, H. R.
(2019). Kecerdasan Emosional dan Resiliensi pada Ibu dengan Anak Disabilitas. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, 57-63.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bar-On, R. (2006). The Bar-On Model of Emotional-Social Intelligence (ESI). Psicothema Vol. 18 Suplem. 1 ISSN 0214 -
, 13-25.
Cherniss, C., & Goleman, D. (2001). The Emotionally Intelligent Workplace ISBN 0-
-5690-2. San Fransisco: JosseyBass.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Febrinabillah, R., & Listiyandini, R. A. (2016).
Hubungan Antara Self Compassion
dengan Resiliensi pada Mantan Pecandu
Narkoba Dewasa Awal. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi
Indonesia Vo. 1 No. 1, 19-28.
Furnham, A. (2012). Emotional Intelligence.
Emotional Intelligence – New Perspectives and Applications, 3-28.
Goleman, D. (1996). Kecerdasan Emosional.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
__________. (1999). Kecerdasan Emosi untuk
Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Handayani, R. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Resiliensi pada
Siswa Akselerasi. Skripsi.
Hardyanti, A. (2016). Hubungan Self-Compassion dengan Kecerdasan Emosional Perawat di Instalasi Rawat Inap.
Thesis.
Hidayati, F. R. (2015). Hubungan antara Self
Compassion dengan Work Family Conflict pada Staf Markas Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Jurnal
Psikologi Undip Vol.14 No.2, 183-189.
Hidayati, N. L. (2014). Hubungan antara Self-Esteem dengan Resiliensi pada Remaja
di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. Publikasi Ilmiah,
-14.
Kousar, S., Perveen, K., Afzal, M., Waqasr, A.,
& Gilani, S. A. (2017). The Impact of
Self-Compassion and Emotional Intelligence among Registered Nurses Kousar, S., Perveen, K., Afzal, M., Waqasr, A.,
& Gilani, S. A. (2017). The Impact of
Self-Compassion and EmotionalIntelligence among Registered Nurses.
Saudi Journal of Medical and Pharmaceutical Sciences Vol. 3 Iss-6A ISSN
-4929 (Print) ISSN 2413-4910
(Online), 493-499.
Matthews, G., Zeidner, M., & Roberts, R. D.
(2002). Emotional Intelligence: Science
and Myth. Cambridge: The MIT Press.
Neff, K. D. (2003). The Development and Validation of a Scale to Measure Self-Compassion. Psychology Press Taylor &
Francis Group University of Texas, Austin, Texas, USA., 223-250.
Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Salovey, P., Bedell, B. T., Detweiler, J. B., &
Mayer, J. D. (1999). Coping Intelligently: Emotional Intelligence and The Coping Process. Coping: The Psycology of
What Works, 141-164.
Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan Antara Resiliensi dengan Stress pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan. Jurnal
Penelitian Psikologi Vol. 07 No. 02, 59-
Setyowati, A., Hartati, S., & Sawitri, D. R.
(2010). Hubungan Antara Kecerdasan
Emosional dengan Resiliensi pada Siswa
Penghuni Rumah Damai. Jurnal Psikologi Undip Vo. 7 No. 1, 67-77.
Shapiro, L. E. (1998). Mengajar Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta: PT
Gramedia.
Tampubolon, E. R. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual terhadap
Kinerja Karyawan pada Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara. Skripsi.
Teleb, A. A., & Al Awamleh, A. A. (2013). The
Relationship between Self Compassion
and Emotional Intelligence for University Students. Current Research in Psychology 4 (2) ISSN: 1949-0178, 20-27.
Tima, L. L., & Muti'ah, T. (2014). Hubungan
antara Kecerdasan Emosional dengan
Resiliensi pada Para Suster Yunior di
Kota Yogyakarta. Jurnal Spirits Vo. 5
No. 1 ISSN: 2087-7641, 16-24.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.