Hubungan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Motivasi Belajar dengan Literasi Keuangan Peserta Didik Program Keahlian Akuntansi

Rizky Rahmadayanti ., Khresna Bayu Sangka, Nurhasan Hamidi .

Abstract

ABSTRACT

This objectives of this research was to find out: (1) the positive correlation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) and financial literacy of Accounting Students, (2) the positive correlation of learning motivation and financial literation of Accounting Students, and (3) the positive correlation of HOTS and learning motivation with financial literacy of Accounting Students. This research used descriptive quantitative methodology. The population were 201 students who were from accounting program at State Vocational School X. The samples of this research were 67 students determined by probability sampling technique with simple random sampling method. Test and questionnaires were used as the data collection instruments. Validity and reliability test used software SPSS for windows version 22. The data analysis techniques were statistical descriptive and multiple correlation test with significance value 0,05. The results of this research were: (1) there was a positively poor correlation of HOTS and financial literacy of Accounting Students at State Vocational School X with the significance of 0,030 < 0,05 (2) there was a positively strong correlation of learning motivation and financial literacy of Accounting Students at State Vocational School X with the significance of 0,000 < 0,05 (3) there was a positive correlation of HOTS and learning motivation with financial literacy of Accounting Students at State Vocational School X the results of Fcount more than Ftable (51,630 > 3,15) of 5% significance value and coefficient determination (R2 ) was 0,617. The implication of this research is HOTS learning motivation must be improved to get a better financial literacy in accounting.
Keywords: HOTS, Learning motivation, Financial Literacy

ABSTRAK

Tujuan adanya penelitian ini untuk menemukan: (1) hubungan positif Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan literasi keuangan peserta didik program keahlian akuntansi, (2) hubungan positif motivasi belajar dengan literasi keuangan peserta didik program keahlian akuntansi, dan (3) hubungan positif HOTS dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan literasi keuangan peserta didik program keahlian akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Akuntansi di SMK X yang berjumlah 201 peserta didik. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling yang berjumlah 67 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan software SPSS for windows versi 22. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis korelasi sederhana serta berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif lemah HOTS dengan literasi keuangan peserta didik Akuntansi di SMK X ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,030 < 0,05 (2) terdapat hubungan positif kuat antara motivasi belajar dengan literasi keuangan peserta didik Akuntansi di SMK X ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) terdapat hubungan positif antara HOTS dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan literasi keuangan peserta didik Akuntansi di SMK X ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 51,630 > 3,15 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,617 yang artinya 61% kedua variabel ini secara bersama-sama berhubungan dengan literasi keuangan. Implikasi dari penelitian ini adalah HOTS dan motivasi belajar perlu ditingkatkan untuk mencapai literasi keuangan yang baik.
Kata Kunci: HOTS, Motivasi Belajar, Literasi Keuangan

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Affandi. (2018). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran Abad

Surakarta: UNS PRESS.

Anggraini, G. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Berpikir

Tingkat Tinggi Siswa SMA N Kelas X di

Kota Solok Pada Konten Biologi. Tesis.

Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Bookhart, S. M. 2010. How to Asses Higher Order Thinking Skills in Your Classroom.

Alexandria: ASCD.

Dahar, Ratna Willis. (2011). Teori-teori Belajar

dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, Volume 44 Issue 2.

Lewis, A. dan Smith, D. (1993). Defining high

order thinking, theory into practice. Collage of Education: the Ohio State University, 32(3), 131-137.

Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The Impact

of Finansial Literacy Education on Subsequent Financial Behavior. Journal Of

Financial Conseling and Planning, Volume 20, No 1.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Strategi Nasion

al Literasi dan Inklusi Keuangan 2016.

Diambil dari https:/ sikapiuang

mu.ojk.go.id/id/FrontEnd/Image/

document/buku%20statistik_2016 pdf di

akses pada tanggal 26 Februari 2016.

Pusat Penelitian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kamus

Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Putri, Rianti Purnama. (2017). Pengaruh Faktor

Demografi dan Motivasi Terhadap Perilaku Keuangan Pelaku UKM di Kota

Makassar dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Intervening. Journal UIN.

Diperoleh tanggal 02 September 2019.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7861/

Slavin, R. E. (2000). Educational Psychology:

Theory and Practice. Boston: Allyn and

Bacon.

Susiati, A., dkk. (2018). Hubungan Kemampuan

Membaca Pemahaman dan Kemampuan

Berpikir Tingkat Tinggi dengan Kemampuan Literasi Sains Guru Biologi SMA.

Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFER),

Volume 11 No. 1,1-12.

Uno, B. Hamzah. (2015). Teori Motivasi dan

Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Woolfolk, A. E. (2008). Educational Psychology. Jakarta: Inisiasi Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.