PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SPREADSHEET SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK
Abstract
ABSTRACT
This research aimed to identify the effect of (1) self efficacy to the students’ self regulated learning; (2) self regulated learning to the students’ Spreadsheet learning achievement; (3) self-efficacy to the students’ Spreadsheet learning achievement; (4) self efficacy to the students’ Spreadsheet learning achievement indirectly through the self regulated learning. The population of this research was the students of X Accounting. The sample for this research was 85 students taken by using simple random sampling. The research methodology was quantitative method with the type of ex-post facto. The data collection was using questionnaire and documentation. The questionnaire was used for collecting the data of self efficacy and self regulated learning. The documentation was used for collecting the data of learning achievement of spreadsheet. The data of the research was analyzed by using path-analysis. The results showed that there is a positive and significant effect between all variables partially, they are self efficacy and the students’ self regulated learning, self regulated learning and the students’ Spreadsheet learning achievement, self efficacy and the students’ Spreadsheet learning. The result also showed that self efficacy can affect the students’ Spreadsheet learning achievement indirectly through self regulated learning.
Keywords: Self Efficacy, Self Regulated Learning, and Spreadsheet Learning Achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara (1) efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa; (2) kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Spreadsheet siswa; (3) efikasi diri terhadap prestasi belajar Spreadsheet siswa; (4) efikasi diri terhadap prestasi belajar spreadsheet siswa secara tidak langsung melalui kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 85 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang efikasi diri dan kemandirian belajar. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar spreadsheet. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara semua variabel secara parsial yaitu efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa, kemandirian belajar terhadap prestasi belajar spreadsheet siswa, efikasi diri terhadap prestasi belajar spreadsheet siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa efikasi diri dapat memengaruhi prestasi belajar spreadsheet siswa secara tidak langsung melalui kemandirian belajar.
Kata kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar Spredsheet
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Andriana, I. & Leonard. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika. Prosiding Diskusi Panel
Nasional, FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
Apsari, B.S., Adi, W., & Octoria, D. (2014).
Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi.
Jupe UNS, 3 (1), 91-102.
Ardiansyah, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau dari Efikasi Diri dan
Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan
MIPA, 1 (1), 1-8.
Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1989). Human Agency in Social
Cognitive Theory. American Psychologist, 44 (9), 1175-1184.
Cob, R. (2003). The Relationship Between Self-Regulated Learning Behaviors and Academic Performance in Web-Based Courses. Disertasi. Faculty of Virginia Polytechnic Institude and State University,
Virginia.
Estrada, E. (2013). Pengaruh Self-Efficacy dan
Motivasi Berprestasi terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga
Listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Skripsi. Fakultas Teknik Universitas
Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Feist, J. & Feist, G.J. (2011). Teori Kepribadian.
Jakarta: Salemba Humanika.
Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015).
Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP.
Journal of EST, 1 (2), 86-101.
Handayani, F. (2013). Hubungan Self Efficacy
dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character, 01 (02), 1-5.
Ilhamsyah. (2014). Pengaruh Efikasi Diri, Metakognisi dan Regulasi Diri terhadap
Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas
X SMA Negeri Di Kabupaten Wajo.
Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1
(1), 10-20.
Lane, J., Lane, A., & Cockerton, T. (2003). Prediction of Postgraduate Performance
from Self-Efficacy, Class of Degree and
Cognitive Ability Test Scores. Journal of
Hospitality, Leisure, Sport and Tourism
Education, 2 (1), 113-118.
Li, S. & Zheng, J. (2018). The Relationship Between Self-Efficacy and Self-Regulated
Learning in One-to-One Computing Environment: The Mediated Role of Task
Values. The Asia-Pasific Education Researcher, 27 (6), 455-463.
Locke, E.A. & Latham, G.P. (2002). Building a
Practically Useful Theory of Goal Setting
and Task Motivation. American Psychologist, 57 (9), 705-717.
Maisaroh. (2015). Pengaruh Self Efficacy dan
Self Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Jurnal FEB Unsoed, 5 (1), 1-21.
Mudjiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan
Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Ormrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Palupi, S.R. (2017). Pengaruh Kemandirian
Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode
Mengajar Guru dan Perhatian Orang
Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi
Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Yogyakarta, Yogyakarta.
Perez, et al. (2010). Self Regulated Learning,
Self Efficacy Beliefs, and Performance
During The Late Childhood. Journal of
Education Research, Assessment and
Evaluation, 16 (2), 1-18.
Puspitasari, L. (2017). Pengaruh Efikasi Diri
dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi
Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015.
Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Redmond, B.F. (2016). Self-Efficacy and Social
Cognitive Theories. Diperoleh pada 5
Oktober 2019, dari https://
wikispaces.psu.edu.
Saeid, N. & Eslaminejad, T. (2017). Relationship between Student’s Self-Directed Learning Readiness and Academic Self-Efficacy and Achievement Motivation in
Students. International Education Studies, 10 (1), 225-232.
Rusman. (2011). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung:
Alfabeta
Sagala, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Salemba Humanika.
Schunk, D.H. (2012). Learnings Theories An
Educational Perspective. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Septiyaningsih, S. (2017). Pengaruh Aktivitas
Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6 (3),
-275.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sufirmansyah. (2015). Pengaruh Efikasi Diri
terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana Prodi PAI STAIN Kediri
dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Didaktika Religia, 3 (2), 133-
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarsunu, T. (2006). Statistik dalam Penelitian
Psikologi dan Pendidikan. Malang:
UMM Press.
Zimmerman, B.J. & Schunk, D.H. (2011).
Handbook of Self Regulation of Learning
and Performance. New York: Routledge.
Zuriah, N. (2015). Pendidikan Moral & Budi
Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.