PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK
Abstract
ABSTRACT
The objective of this research examined whether there is a difference of learning result in Basic Accounting between students in Grade X of Accounting Expertise Program exposed to Powtoon learning media and those in Grade X of Accounting Expertise Program exposed to PowerPoint learning media at State Vocational High School. This research used the quasi experimental research method with pretest posttest non-equivalent control group design. Data analysis used the Independent Sample t-Test. The result of the research shows that there was a difference of learning result in Basic Accounting between the students in Grade X of Accounting Expertise Program exposed to Powtoon learning media and those in Grade X of Accounting Expertise Program exposed to PowerPoint learning media at State Vocational High School as indicated by the value of tstat = 2.133 > that of tcrit = 1.994. The average score in Basic Accounting of the students exposed to the Powtoon learning media (75) was better than that (69) of the students exposed to the PowerPoint learning media.
Keywords: Learning media, Powtoon, learning result in Basic Accounting
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi dasar antara siswa yang belajar dengan menggunakan media Powtoon dengan siswa yang belajar dengan menggunakan media PowerPoint pada siswa kelas X Akuntansi SMK. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design dalam bentuk pretest posttest. Analisis data menggunakan teknik analisis uji-t Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi dasar antara kelompok siswa yang dalam pembelajaran menggunakan media Powtoon dengan kelompok siswa yang dalam pembelajaran menggunakan media PowerPoint pada siswa kelas X Akuntansi SMK (thitung > ttabel = 2,133 > 1,994). Kelompok siswa yang diberikan perlakuan media pembelajaran berbasis Powtoon memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 75 lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang dalam pembelajaran menggunakan media PowerPoint yaitu sebesar 69.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Hasil Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adkhar, B.I. (2016). Pengembangan Media
Video Animasi Pembelajaran berbasis
Powtoon pada Kelas 2 Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam di SD Labshool
Unnes. Skripsi Tidak Dipublikasikan.
Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Aksoy, G. (2012). The Effects of Animation
Technique on the 7th Grade Science
and Technology Course. Journal of Scientific Research, 3 (3), 304-308.
Anita, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Animasi Pada Siswa Kelas X Sekolah
Menengah Kejuruan. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Bandar Lampung,
Lampung.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan
Strategi Pembelajaran Kontekstual
(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin. (2018).
Penggunaan Media Powtoon untuk
Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar
Siswa pada Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku
Ekonomi dalam Sistem Perekonomian
Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII D SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelajaran
/2018. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Jember, Jember.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Atwoko, C.L. (2017). Pengembangan Media
Animasi Powtoon Sebagai Penunjang
Pembelajaran Pada Pokok Bahasan
Jurnal Umum Perusahaan Dagang.
Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Hapsari, S. & Rachmawati, L. (2018). Pengaruh
Minat Baca dan Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta
Didik Kelas X IPS MA Al-Hidayah
Bangkalan. JUPE, 6 (2), 17-22. Diperoleh
pada 3 Oktober 2018, dari https://
jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.
Jatiningtias, N.H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata
Pelajaran IPS Materi Penyimpangan
Sosial di SMP Negeri 15 Semarang.
Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Kusaeri. (2014). Acuan dan Teknik Penilaian
Proses & Hasil Belajar Dalam Kurikulum
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nanni, A. (2015). Teaching English Through
Theuse of Cloud-Based Animation Software Powtoon. TESOL Journal, 2 (3), 1.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
(Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 Standar Nasional
Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan. Diperoleh pada 29 Maret 2019, dari
jdih.kemdikbud.go.id.
Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Suhendra, I., Enawaty, E., & Melati., H. A.
(2018). Pengaruh Penggunaan Media
Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi
dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur
Senyawa Campuran. Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran, 7 (3), 1.
Syafitri, A., Asib, A., & Sumardi. (2018). An
Application of Powtoon as a Digital Medium: Enhancing Students’ Pronunciation in Speaking. International Journal
of Multicultural and Multireligious Understanding, 5 (2), 305.
Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Trina, Z. (2016). Penerapan Media Animasi Audiovisual Menggunakan Software Powtoon
untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS
SMP Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi Tidak
Dipublikasikan. Universitas Syiah Kuala
Darrusalam, Aceh
Refbacks
- There are currently no refbacks.