PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK

Risma Khotiyatu Khasanah, Muhtar . ., Renata Zoraifi .

Abstract

ABSTRACT

The objective of this research examined whether there is a difference of learning result in Basic Accounting between students in Grade X of Accounting Expertise Program exposed to Powtoon learning media and those in Grade X of Accounting Expertise Program exposed to PowerPoint learning media at State Vocational High School. This research used the quasi experimental research method with pretest posttest non-equivalent control group design. Data analysis used the Independent Sample t-Test. The result of the research shows that there was a difference of learning result in Basic Accounting between the students in Grade X of Accounting Expertise Program exposed to Powtoon learning media and those in Grade X of Accounting Expertise Program exposed to PowerPoint learning media at State Vocational High School as indicated by the value of tstat = 2.133 > that of tcrit = 1.994. The average score in Basic Accounting of the students exposed to the Powtoon learning media (75) was better than that (69) of the students exposed to the PowerPoint learning media.
Keywords: Learning media, Powtoon, learning result in Basic Accounting

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi dasar antara siswa yang belajar dengan menggunakan media Powtoon dengan siswa yang belajar dengan menggunakan media PowerPoint pada siswa kelas X Akuntansi SMK. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design dalam bentuk pretest posttest. Analisis data menggunakan teknik analisis uji-t Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi dasar antara kelompok siswa yang dalam pembelajaran menggunakan media Powtoon dengan kelompok siswa yang dalam pembelajaran menggunakan media PowerPoint pada siswa kelas X Akuntansi SMK (thitung > ttabel = 2,133 > 1,994). Kelompok siswa yang diberikan perlakuan media pembelajaran berbasis Powtoon memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 75 lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang dalam pembelajaran menggunakan media PowerPoint yaitu sebesar 69.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Hasil Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Adkhar, B.I. (2016). Pengembangan Media

Video Animasi Pembelajaran berbasis

Powtoon pada Kelas 2 Mata Pelajaran

Ilmu Pengetahuan Alam di SD Labshool

Unnes. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Aksoy, G. (2012). The Effects of Animation

Technique on the 7th Grade Science

and Technology Course. Journal of Scientific Research, 3 (3), 304-308.

Anita, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Animasi Pada Siswa Kelas X Sekolah

Menengah Kejuruan. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Bandar Lampung,

Lampung.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan

Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin. (2018).

Penggunaan Media Powtoon untuk

Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar

Siswa pada Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku

Ekonomi dalam Sistem Perekonomian

Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII D SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelajaran

/2018. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Jember, Jember.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Atwoko, C.L. (2017). Pengembangan Media

Animasi Powtoon Sebagai Penunjang

Pembelajaran Pada Pokok Bahasan

Jurnal Umum Perusahaan Dagang.

Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Hapsari, S. & Rachmawati, L. (2018). Pengaruh

Minat Baca dan Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta

Didik Kelas X IPS MA Al-Hidayah

Bangkalan. JUPE, 6 (2), 17-22. Diperoleh

pada 3 Oktober 2018, dari https://

jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Jatiningtias, N.H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata

Pelajaran IPS Materi Penyimpangan

Sosial di SMP Negeri 15 Semarang.

Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Kusaeri. (2014). Acuan dan Teknik Penilaian

Proses & Hasil Belajar Dalam Kurikulum

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nanni, A. (2015). Teaching English Through

Theuse of Cloud-Based Animation Software Powtoon. TESOL Journal, 2 (3), 1.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

(Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 Standar Nasional

Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan. Diperoleh pada 29 Maret 2019, dari

jdih.kemdikbud.go.id.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Suhendra, I., Enawaty, E., & Melati., H. A.

(2018). Pengaruh Penggunaan Media

Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi

dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur

Senyawa Campuran. Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran, 7 (3), 1.

Syafitri, A., Asib, A., & Sumardi. (2018). An

Application of Powtoon as a Digital Medium: Enhancing Students’ Pronunciation in Speaking. International Journal

of Multicultural and Multireligious Understanding, 5 (2), 305.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan

Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Trina, Z. (2016). Penerapan Media Animasi Audiovisual Menggunakan Software Powtoon

untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

SMP Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi Tidak

Dipublikasikan. Universitas Syiah Kuala

Darrusalam, Aceh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.