PENERAPAN MODEL SELF-DIRECTED LERNING DENGAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMK

Fitria Febriana ., Muhtar . ., Dini Octoria .

Abstract

ABSTRACT

The objective of this research is to obtain an empirical proof about Accounting learning autonomy of the students State Vocational High School through the application self-directed learning model with mind mapping strategy in the subject matter of Introduction to Basic Accounting. This research used the classroom action research method with two cycles. Its subjects were the students as many as 35 in Grade X Ak 3. The data of the research on learning autonomy were collected through questionnaire, observation sheet, test of learning result, and documentation. The data of the research were validated with content validity and triangulation. The percentage of the performance indicators of the research was at least 80%. The result of the research shows that the application of self-directed learning model with mind mapping strategy on the subject matter of Introduction to Basic Accounting could improve the Accounting learning autonomy of the students. The average percentage of the performance indicators by the questionnaire prior in the pre-cycle was 51.13%. Following the treatments, it became 63.48% in Cycle I and 84.05% in Cycle II. Similarly, the average percentage of the performance indicators by the observation sheet became 65.2% in Cycle I and 83.91 in Cycle II respectively. Thus, the application of self-directed learning model with mind mapping strategy could improve the students’ Accounting learning autonomy.
Keywords: Self-directed learning, mind mapping, students’ Accounting learning autonomy

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai peningkatan kemandirian belajar akuntansi siswa melalui penerapan model self-directed learning dengan strategi mind mapping pada mata pelajaran akuntansi dasar. Subjek adalah siswa kelas X Ak 3 dengan jumlah 35 siswa. Pengumpulan data kemandirian belajar dilaksanakan dengan kuesioner, observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas isi dan trianggulasi. Penelitian akan berhasil apabila mencapai indikator kinerja penelitian sebesar 80%. Proses pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model self-directed learning dengan strategi mind mapping pada mata pelajaran akuntansi dasar dapat meningkatkan kemandirian akuntansi siswa. Rata-rata presentase kuesioner pada tahap pratindakan sebesar 51,13% meningkat pada siklus I menjadi 63,48% dan kembali meningkat pada siklus II sebesar 84,05%, begitu juga dengan rata-rata presentase observasi pada tahap siklus I sebesar 65,2% meningkat pada siklus II menjadi 83,91 membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemandirian belajar akuntansi siswa.
Kata Kunci: self-directed learning, mind mapping, kemandirian belajar akuntansi siswa

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Babari, Y., Yuni W.A.P. & Gae A.A. (2002).

Character Building II (Relasi Dengan

Sesama). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Buzan, T. (2010). Buku Pintar Mind Map. Cetakan Kedelapan. Jakarta : PT. Gramedia.

DePorter, B. & Mike H. (2000). Quantum

Teaching Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan

Ary Nilandari. Quantum Teaching:

Oechestrating Student Success. (2005).

Bandung: Mizan Pustaka.

Djamarah, S.B & Aswan Z. (2010). Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT Renika

Cipta.

Huda, M. (2013). Cooperative Learning:

Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jusup, H. (2012). Dasar-Dasar Akuntansi Jilid1.Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu

Ekonomi YK

Kartodinata, S. (2001). Kemandirian Belajar

dan Orientasi Nilai Mahasiswa. Bandung:PPS.

Kieso, D. E., Jerry J. W., Paul D. K. (2007). Accounting Principles Pengantar Akuntansi.

Jakarta: Salemba Empat.

Kovalenko, N.A. & Smirnova A.Y. (2015). Self directed Learning Through Creative Activity of Students. ScienceDirect. 166. 393-

Munandar, SC. U. (2001). Kreatifitas dalam

keberbakatan. Jakarta: Gramedia.

Rachmawati, D.O.(2010). Penerapan Model Self

-Directed Learning untuk Meningkatkan

Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar

Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan

Pengajaran. (3), 177-184

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No

Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). Moswl Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswanto. Ada apa dengan Pendidikan? .(2018).

https://www.suara.com/

yoursay/2018/01/01/172632/ada-apa dengan-pendidikan. Diakses pada 8 Januari 2018.

Smith, P.L., & Ragan, T.L. (2003). Instructional

Design. NY: Macmillan Publishing Company.

Song, L., & Hill J. R. (2007). A Conceptual

Model for Understanding Self-directed

Learning in Online Environments. Journal

of Interactive Online Learning. Vol. 6. No.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H. B. (2002). Metode Penelitian Kualitatif dan Aplikasinya dalam Penelitian.

Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Press.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Tampubolon & Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi

pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga

Thoha, C. (2006). Kapita Selekta Pendidikan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tirtaraharja, U. dan La Sulo. (2005). Pengantar

Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan.

- Jakarta: Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.