UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA EDMODO SISWA KELAS X PERBANKAN DASAR SMK X TAHUN AJARAN 2018/2019

Monica Hapsari Pambayun, Ngadiman Ngadiman, Asri Diah Susanti

Abstract

ABSTRACT

 

The purpose of this research was to obtain empirical evidence after the application of the cooperative Numbered Head Together learning model the help of edmodo media in the students of 1st Grade Accounting and Finance. This research was a Classroom Action Research. The subjects of this study were the students of 1st Grade that consisted of 32 students. Techniques data collection used were test, interview, observation, and documentation. Data validity was tested using content validity for test-data and triangulation for non-test-data. The action was declared to be successful if there were 75% of students had a value > 76 or expressed thoroughly. In the pre-action cycle, there were only 53% complete students. In the first cycle there was an increase in the number of students completed from 53% to 69%. The number of student who complete increase again on the second cycle from 69% to 84%. The conclusion of the study was the cooperative Numbered Head Together learning model with the help of edmodo media could increase learning achievement of 1st Grade Accounting and Finance student.

 

Keywords: The cooperative Numbered Head Together Learning Model, edmodo media, learning achievement

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik peningkatan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dengan berbantu media edmodo siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK X. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X terdiri dari 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diuji dengan validitas isi untuk pengujian data tes. Tindakan dinyatakan berhasil apabila terdapat 75% dari siswa memiliki nilai > 76. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu media edmodo. Pada pra-tindakan hanya ada 53% dari jumlah siswa yang memiliki nilai > 76. Pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa tuntas dari 53% menjadi 69%. Jumlah siswa yang tuntas kembali meningkat pada siklus II yaitu dari 69% menjadi 84%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together berbantu media edmodo dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together, media edmodo, prestasi belajar

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.