UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Nining Prihatin, Siswandari ., Jaryanto .

Abstract

Abstract
This study aims to improve students learning outcomes in SMA Mutiara*) by using cooperative learn-ing model type Team Assisted Individualization (TAI). This study using Classroom Action Research (CAR) method which is done in two cycles. Each cycle consists of four stages they are planning, execution, obser-vation, reflection. Subject of this study was students of class XII IPS 4 in SMA Mutiara*). Collection of research data obtained by test, observation, interview and documentation. Data analysis technique of this study were using descriptive statistic and interactive model. The result of this study show that application of cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) can improve accounting learn-ing outcome SMA Mutiara’s*) student. It showed from count of students learning outcome that reaches completeness and class average score that improve every cycle. Students score that reaches completeness (75) in pre-excecution were 7 students (22,58%) with score average 61,26 increasing in first cycle become 23 students (74,19%) with score average 77,48 and also increasing in second cycle become 26 students (83,87%) with score average 80,81.
Keywords: Cooperative Learning, Team Assisted Individualization (TAI), Learning Outcome
*) SMA Mutiara is disguise name
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa SMA Mutiara*) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 4 SMA Mutiara*) tahun aja-ran 2017/2018. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumenta-si. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuanti-tatif, sedangkan untuk data kualitatif dianalisis menggunakan model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa SMA Mutiara*). Peningkatan hasil belajar di-tunjukkan dari jumlah siswa yang mencapai KKM dan rata-rata nilai siswa yang meningkat disetiap siklus. Nilai siswa yang mencapai KKM (75) pada pratindakan adalah 7 siswa (22,58%) dengan rata-rata nilai 61,26 meningkat pada siklus I menjadi 23 siswa (74,19%) dengan rata-rata nilai 77,48 dan meningkat pula pada siklus II menjadi 26 siswa (83,87) dengan rata-rata nilai 80,81.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar
*) SMA Mutiara merupakan nama samaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.