PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENTS MENGGUNAKAN CATUR AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA X AKUNTANSI 1 SMK

Fika Nurariffah, Sigit Santoso, Dini Octoria

Abstract

ABSTRACT
This research aims to improve the learning motivation and learning achievement in accounting subject in class X Accounting 1 SMK through the application Team Games Tournaments method with accounting chess. This research used Class Room Research was conducted in two cycles. Each cycles consist of plan-ning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were 34 students of class X Account-ing 1 SMK. The technique of collecting data of research were collected through observation, test, and ques-tionnaire. Questionnaire, observation, and test were validated by using content validity. The techniques of analyzing data were descriptive qualitative and quantitative.The result of research shows that the applica-tion of Team Games Tournaments method with Accounting Chess can improve students’ learning motivation and learning achievement in accounting subject in class X Accounting 1 SMK. The learning motivation be-fore applied Team Games Tournaments with accounting chess through questionnaire was 46,47%, observa-tion was 43,87%, and the percentage of 38,24% completeness on test. The learning motivation through ques-tionnaire shows that the result increase to 64,48% in first cycle and 82,25% in second cycle. The learning motivation through observation shows that the result increase to 65,69% in first cycle and 85,79% in second cycle. The learning achievement through formative test shows 67,65% (23 students) can pass the score above 80 in first cycle and 88,24% (30 students) in second cycle. The conclusion of this research is the ap-plication of Team Games Tournaments method with Accounting Chess can improve students’ learning moti-vation and learning achievement in accounting subject in class X Accounting 1 SMK.
Keyword : Team Games Tournaments, Accounting Chess, Learning Achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran akuntansi siswa X Akuntansi 1 SMK melalui penerapan metode Team Games Tournaments menggunakan catur akuntansi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi 1 SMK yang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data peneli-tian ini yaitu dengan menggunakan observasi, tes, dan angket. Angket, observasi, dan tes divalidasi dengan menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan analisis deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Team Games Tournaments menggunakan catur akun-tansi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran akuntansi siswa X Akuntansi 1 SMK. Motivasi belajar sebelum diterapkannya Team Games Tournaments dengan catur akuntansi melalui angket menunjukkan hanya 46,47%, observasi 43,87%, dan persentase ketuntasan 38,24% pada tes. Motiva-si belajar melalui angket menunjukkan hasilnya meningkat menjadi 64,48% pada siklus I dan 82,25% pada siklus II. Motivasi belajar melalui observasi menunjukkan menunjukkan hasilnya meningkat menjadi 65,69% pada siklus I dan 85,79% pada siklus II. Prestasi belajar siswa melalui tes formatif menunjukkan bahwa 67,65% (23 siswa) mendapat nilai tuntas di atas 80 pada siklus I dan 88,24% (30 siswa) pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode metode Team Games Tournaments menggunakan catur akuntansi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran akuntansi siswa X Akuntansi 1 SMK.
Kata kunci : Team Games Tournaments, Catur Akuntansi, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.