HUBUNGAN INTEGRITAS AKADEMIK DENGAN PENGGUNAAN CHATGPT PADA MA HASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Nanda Priska Iswara, Asri Diah Susanti

Abstract

ABSTRACT The aim of study is to examine the relationship between academic integrity and the use of ChatGPT among students of the Faculty of Teacher Training and Education. This research employs a quantitative method using a correlational approac. The sampling technique applied in this study is Probability Cluster Sampling, with data collected through questionnaires. The hypothesis is tested using a simple corelation analyis. The findings indicate a positive relationship between academic integrity and tha use of ChatGPT, with a Pearson Product-Moment correlation coefficient of 0,196 and a significance value of 0,045. These results suggest that higher levels of academic integrity are associated with increased use of ChatGPT. However, the strength of the relationship is relatively weak, at 2,9%. The researcher suggests that future studies update the research by adding several independent variables to identify what aspects, other than academic integrity, influence the remaining 97,1% of ChatGPT usage. Keywords: ChatGPT, academic integrity, Artificial Intelligence (AI). ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis hubungan integritas akademik dengan penggunaan ChatGPT pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melalui pendekatan korelasi. Pada penelitian ini pemilihan sampel menggunakan metode Probability Cluster Sampling dengan teknik pengambilan data melalui kuisioner. Uji hipotesis pada penelitian ini berupa uji korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjuk kan hubungan positif antara integritas akademik dengan penggunaan ChatGPT, dimana nilai uji ko relasi Product Moment tercatat sebesar 0,196 serta signifikansi sebesar 0,045 yang menunjukan se makin tinggi tingkat integritas akademik mahasiswa maka semakin tinggi juga penggunaan ChatGPT. Penelitian ini menunjukkan hubungan yang dimiliki cenderung lemah yaitu sebesar 2,9%. Peneliti menyarankan agar pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pembaruan dengan menambahkan beberapa variabel bebas agar dapat ditemukan 97,1% penggunaan ChatGPT di pengaruhi oleh aspek apa selain integritas akademik. Kata kunci: ChatGPT, integritas akademik, Artificial Intelligence (AI) .

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.