PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KETERLIBATAN AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Alvira Reyna Firdaus, Muhtar Muhtar, Lies Nurhaini

Abstract

ABSTRACT This study aimed to depict the information about (1) the effect of self-efficacy on student engangement; (2) the effect of social support on student engangement; (3) the effect self-efficacy and social support on student engangement. The population in this study were students batch 2019, 2020, 2021 of Accounting Education uns which consisted 228 students. The sample in this study was 145 students who were selected using purposive sampling technique. Data collection technique were done by using questionnaire. The analysis of this research using multiple linear regression analysis. The result showed that: (1) there was positive and significant effect of self-efficacy on student engangement (significance value 0.000 < 0.05, and tcount = [12.190]); (2) there was positive and significant effect of social support on student engangement (significance value 0.034 < 0.05 and tcount = [2.143]); and (3) there was an effect of self-efficacy and social support together on student engangement (significance value 0.000 < 0.05 and Fcount = 136.07). Keywords: self-efficacy, social support, student engangement ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi terkait (1) Pengaruh efikasi diri terhadap kelterlibatan akademik pembelajaran dalam jaringan (2) Menguji pengaruh dukungan sosial terhadap ketelrlibatan akademik pembelajaran dalam jaringan (3) Menguji pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial pelmbelajaran dalam jaringan. Populasi dalam pelnellitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2019, 2020, 2021 Pendidikan Akuntansi UNS yaitu berjumlah 228 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 145 mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasannya: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri terhadap keterlibatan akademik (nilai signifikansi 0.000 < 0,05; dan thitung = [12,190]); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dukungan sosial terhadap keterlibatan akademik (nilai signifikansi 0.034 < 0.05; dan thitung = [2.143]); dan (3) Ada pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial secara bersama-sama terhadap keterlibatan akademik (nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 136.071) . Kata Kunci : efikasi diri, dukungan sosial, keterlibatan akademik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.