HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, DAGANG DAN MANFAKTUR DI SMK KARANGANYAR
Abstract
ABSTRACT This study aims to provide empirical evidence of the profile of students' employability skill achievements at SMK accounting and finance expertise programs in Karanganyar. This research is quantitative research with survey research type. The data source of this research is class XII students of SMK accounting and financial expertise programs. The sampling technique of this research is proportional random sampling. The validity test technique used is using the construct validity method. Data collection is carried out using a questionnaire with the help of Google Form. The data analysis technique used in this research is descriptive statistical analysis technique. The results of this study overall the level of employability skills, namely communication skills, problem solving skills, and teamwork skills are at a moderate level. Details of the total average of each skill are communication skills of 65.2%, problem solving skills of 74.47%, and teamwork skills of 71.69%. Keyword : employability skills, accounting and finance vocational schools, quantitative research. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris profil capaian employability skill siswa pada SMK program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu proportional random sampling. Teknik uji validitas yang digunakan yaitu menggunakan metode validitas konstruk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan berbantuan Google Form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini secara keseluruhan tingkat employability skill yaitu keterampilan komunikasi, keterampilan memecahkan masalah, dan keterampilan kerja tim berada di tingkat sedang. Rincian rata-rata total tiap keterampilan yaitu keterampilan komunikasi sebesar 65,2%, keterampilan memecahkan masalah sebesar 74,47%, dan keterampilan kerja tim sebesar 71,69%. Kata Kunci : Employability skill, SMK akuntansi dan keuangan, Penelitian kuantitatif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.