PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI INDONESIA - STUDI META ANALISIS
Abstract
ABSTRACT This research aimed to find out the effect of using Problem Based Learning on students’ critical thinking in accounting. This research using meta analysis method, with the following procedures: formulating problems, filtering articles, and analyzing data. The results of this research show that Problem Based Learning has a big effect on students' critical thinking abilities in accounting subjects. This can be seen from the summary effect result of 0.473, the article used was tested using the publication bias test with symmetrical funnel plot results, the egger test p-value was 0.177, and the fail safe N method showed a value of 1662. Keywords: Critical Thinking, Meta Analysis, Problem Based Learning. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian meta analisis, dengan prosedur: merumuskan masalah, menyaring artikel, dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akuntansi. Hal ini terlihat dari hasil summary effect sebesar 0,473, artikel digunakan teruji dengan uji publication bias dengan hasil funnel plot yang simetris, p-value uji egger test sebesar 0,177, dan metode fail safe N menunjukkan nilai 1662. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.