HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI
Abstract
ABSTRACT
This research aims to examine (1) the relationship of educational background with the learning
achievement; (2) the relationship of learning motivation with the learning achievement; (3) the relationship
of educational background and learning motivation with the learning achievement. This research was
a descriptive quantitative with a correlational approach. The population of this research were students
from one of the study programs at Sebelas Maret University, class of 2021 and 2022. The sampling technique
in this study used simple random sampling technique and obtained 110 students. This is shown from
the calculation of rcount > rtable (0,734 > 0,1569), with a significance value of 0,000 < 0,005; (2) there
is a relationship between learning motivation with learning achievement. This is shown from the calculation
of rcount > rtable (0,504 > 0,1569), with a significance value of 0,000 < 0,005. (3) there is a relationship
between educational background and learning motivation with the learning achievement. This is
shown form the calculation of rcount> rtable (0,803 > 0,1569), with a significance value of 0,001 <
0,005.
Keywords: Educational Background, Learning Motivation, Learning Achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan latar belakang pendidikan dengan prestasi
belajar mata kuliah pengantar akuntansi; (2) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata
kuliah pengantar akuntansi; (3) hubungan latar belakang pendidikan dan motivasi belajar dengan prestasi
belajar mata kuliah pengantar akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan
pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa salah satu program studi di Universitas
Sebelas Maret angkatan 2021 dan 2022. Sampel penelitian ini sebanyak 110 responden, diambil dengan
menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan antara latar belakang pendidikan dengan prestasi
belajar mata kuliah pengantar akuntansi. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan rhitung > rtabel (0,734 >
0,1569), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005; (2) terdapat hubungan antara motivasi belajar
dengan prestasi belajar mata kuliah pengantar akuntansi. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan rhitung
> rtabel (0,504 > 0,1569), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005; (3) terdapat hubungan antara
latar belakang pendidikan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah pengantar akuntansi.
Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan rhitung > rtabel (0,803 > 0,1569), dengan nilai signifikansi sebesar
0,001 < 0,005. .
Kata kunci: Latar Belakang Pendidikan, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.