PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN VIDEO-INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this research is to knowing there are an effect of problem-based learning model using
interactive-video to improve student’s learning motivation. The method of research is quasi-experiment
with quantitative approach. The population of this research is 72 students in X accounting class program
of SMK. The data analysis using independent t-test. The result of this research show that t-table value is
3,457 and value of sig (2-tailed) 0,001 < 0,05. Conclusion of this research is the implementation of
problem-based learning model using interactive-video can improve the student’s learning motivation
significantly in the subject principal of accounting in SMK.
Keyword : Problem-Based Learning Model, Interactive-Video, Student’s Learning Motivation, Principles
of Accounting
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah
berbantuan video interaktif terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasiexperiment
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 72 siswa kelas X
Program Keahlian Akuntansi dan Lembaga Keuangan di salah satu SMK. Analisis data menggunakan uji
independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-tabel sebesar 3,457 dengan sig (2-tailed)
0,001 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah berbantuan videointeraktif
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
pengantar akuntansi bagi siswa kelas X SMK.
Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Video-Interaktif, Motivasi Belajar, Pengantar
Akuntansi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.