PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN MENGADAKAN VARIASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine whether students' perceptions of (1) teachers' explaining skills,
(2) teachers' variety skills, and (3) teachers' explaining and variety skills simultaneously affect
students' learning motivation in tax administration subjects. This research uses a quantitative
descriptive approach. The population in this study consisted of students in grades XI and XII AKL SMK.
The sample of this study amounted to 138 students selected through a proportionate stratified random
sampling method. Data were collected by distributing closed questionnaires to respondents. Data
analysis in this study used multiple linear regression analysis. The findings of this study indicate that: (1)
students' perceptions of teachers' explaining skills significantly affect students' learning motivation in
tax administration subjects, based on the results of the t test showing a significance value of 0.024;
(2) students' perceptions of the skills of holding teacher variations significantly affect student
learning motivation in tax administration subjects, based on the results of the t test which show a
significance value of 0.000; (3) student perceptions of teacher skills in explaining and holding variations
have an influence on student learning motivation in tax administration subjects indicated by the results of
the F test which obtained a significance value of 0.000.
Keywords: Explaining Skills, Variety Skills, Learning Motivation
ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi siswa terhadap (1) keterampilan menjelaskan
guru, (2) keterampilan mengadakan variasi guru, serta (3) keterampilan menjelaskan dan mengadakan
variasi guru secara simultan mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran administrasi
pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini terdiri
dari siswa kelas XI dan XII AKL SMK. Sampel penelitian ini berjumlah 138 siswa yang dipilih melalui
metode proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner
tertutup kepada responden. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa terhadap keterampilan menjelaskan
guru secara signifikan mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran administrasi pajak,
berdasarkan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,024; (2) persepsi siswa terhadap
keterampilan mengadakan variasi guru secara signifikan mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran administrasi pajak, dilandasi hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000; (3)
persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam menjelaskan dan mengadakan variasi memiliki pengaruh
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran administrasi pajak ditunjukkan dengan hasil uji F
yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000.
Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Mengadakan Variasi, Motivasi Belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.