PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POP-UP BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KONSENTRASI AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA (KAKL) DI SMK NEGERI X

Tutik Setyoningsih, Lies Nurhaini

Abstract

ABSTRACT
This research aims to determine the influence of the use of the problem based learning model
assisted by pop-up boxes on students' critical thinking abilities in KAKL class XI Accounting and Finance
at SMK Negeri X. This research is a type of quantitative research using experimental methods.
The type of research used is quasi experimental design research, with a research design using a pretest-
posttest control group design. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection
techniques use tests, documentation and observation. The instrument validation technique uses content
validity and Croanbach's Alpha. Data analysis uses descriptive and parametric type inferential
statistical techniques. The results of this research are that there is an effect of the use of the problem
based learning model assisted by pop-up boxes on students' critical thinking abilities in learning the
Accounting and Institutional Finance Concentration (KAKL) at SMK Negeri X. The five indicators
have increased and the lowest is the concluding indicator. It is hoped that in the future learning will
be carried out by focusing the learning process on improving concluding indicators.
Keywords: Problem based learning, pop-up box, critical thinking skills
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model problem based
learning berbantuan pop-up box pada kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran
KAKL kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri X. Penelitian ini adalah jenis
penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian quasi experimental design, dengan desain penelitian menggunakan pretest-posttest control
group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik validasi instrumen menggunakan validitas
isi dan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial tipe
parametris. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning
berbantuan pop-up box pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Konsentrasi
Akuntansi dan Keuangan Lembaga (KAKL) di SMK Negeri X. Kelima indikator mengalami peningkatan
dan yang terendah adalah indikator menyimpulkan. Diharapkan kedepannya pembelajaran
dilakukan dengan memfokuskan proses pembelajaran untuk meningkatkan indikator menyimpulkan .
Kata kunci: Problem based learning, pop-up box, kemampuan berpikir kritis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.