PENGARUH DIMENSI FRAUD HEXAGON DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FKIP UNS
Abstract
ABSTRACT
The aim of this study is to provide empirical evidence of factors that are significant in
influencing student academic deception, including pressure, opportunity, rationalization, ability,
arrogance, collusion, and procrastination. The study uses both descriptive and quantitative approaches.
The study involved FKIP UNS students in Surakarta. The proportional random sampling method is used
to take samples from 88 students of FKIP UNS. The data collection method uses questionnaires created
through the Google Forms application. Double linear regression analysis is performed using the SPSS
Version 27.0 program. Research results show that (1) stress, significantly affecting academic fraud, with
a p-value value of 001 < 0.05; (2) chance, meaningfully influenced academic deception, with p-valuation
value of 0,000 < 0.05; and (3) rationalization, meaningful influence on academic cheating. (4) ability to
significantly influence academic scam with p -value rating of 0, 802 < 0,05; (5) arrogance significantly
affects academic from p - value, 0,009 < 0,05, 6) collusion insignificantly against academic of p - value,
0,193 < 0.05, 7) prokrastination significantly impacted academic by p - Value, 0.002 < 0.05.
Keywords: Fraud Hexagon Theory, Academic Fraud, Procrastination .
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang faktor-faktor
yang signifikan dalam memengaruhi kecurangan akademik siswa. Faktor-faktor tersebut termasuk
tekanan (pressure), peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization), kemampuan (capability),
arogansi (arrogance), kolusi (collusion), dan prokrastinasi. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif
dan kuantitatif. Studi ini melibatkan mahasiswa FKIP UNS di Surakarta. Metode proporsional
random sampling digunakan untuk mengambil sampel dari 88 mahasiswa FKIP UNS. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibuat melalui aplikasi Google Forms. Analisis regresi
linear berganda dilakukan menggunakan program SPSS Versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) tekanan, berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik, dengan nilai p-value 001 <
0,05; (2) kesempatan, berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik, dengan nilai pvalue
0,000 < 0,05; dan (3) rasionalisasi, berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik.
(4) Kemampuan berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai p-value,
0, 802 < 0,05; (5) Arogansi berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai pvalue,
0,009 < 0,05; 6) kolusi secara tidak signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai p value,
0,193 < 0,05; 7) prokrastinasi berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik dengan nilai p
-value, 0,002< 0,05..
Kata Kunci: Fraud Hexagon Theory, Kecurangan Akademik, Prokrastinasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.