PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEER ASSESSMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERADAPTASI PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI
Abstract
ABSTRACT
This research aimed to examine the influence of the problem-based learning model with peer
assessment on the ability to adapt to accounting learning. This research was an experimental research
with a quasi-experimental type. The population of this study was taken from class XI students from State
Vocational Schools in Surakarta. The sample in this study used probability sampling techniques to select
71 students. Data collection techniques used questionnaires and documentation. The validity technique
used a content validity test and a reliability test used the Cronbach's Alpha formula. Data analysis used
descriptive analysis, analysis prerequisite tests (normality test and homogeneity test), and hypothesis test.
Students were divided into several groups and were asked to solve case questions. Before the end of the
lesson, the teacher distributed and explained the peer assessment filling out to students. Students then
filled out a peer assessment according to the contribution of each member during the learning process.
The research found that problem-based learning with peer assessment has an influence on students'
adaptability.
Keywords: Problem-based Learning, Peer Assessment, Accounting Learning
ABSTRAK
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah
dengan peer assessment terhadap kemampuan beradaptasi pada pembelajaran akuntansi. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian eksperimen dengan jenis quasi experimental. Penelitian ini menggunakan
siswa kelas XI SMK Negeri di Surakarta sebagai populasinya. Sebanyak 71 siswa diambil sebagai sampel
yang dipilih dengan teknik probability sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dalam bentuk
angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik validitas dengan jenis uji validitas isi dan uji
reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu
analisis deskriptif, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis. Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diminta menyelesaikan soal kasus. Sebelum akhir pembelajaran,
guru membagikan dan menjelaskan pengisian peer assessment kepada siswa. Siswa kemudian mengisi
peer assessment sesuai kontribusi tiap anggota pada saat proses pembelajaran.. Temuan penelitian ini
menyatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan peer assessment memberikan pengaruh pada
kemampuan beradaptasi siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Peer Assessment, Pembelajaran Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.