PENGARUH KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK X BANYUDONO TAHUN AJARAN 2023/2024

Arum Setyaningsih, Siswandari Siswandari

Abstract

ABSTRACT This study aims to get empirical evidence about (1) the effect of creativity on the learning independency; (2) the effect of emotional intelligence on the learning independency; (3) ) the effect of creativity and emotional intelligence on the learning independency of the Institute’s Accounting and Finance students in Vocational High School X Banyudono academic year 2023/2024. The research design used quantitative descriptive research. The population of this study was 215 students. The sample for this study was 108 students in grades X, XI, and XII of Institute’s Accounting and Finance using proportionate stratified random sampling techniques. The data collection technique used a questionnaire. This research used construct validity with the assistance of Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 26.0. Data analysis is statistical analysis using multiple linier regression analysis. The result showed (1) there was a significant influence of creativity on the learning independency with a significant value< 0,05 (0,000<0,05); (2) there was no significant influence of emotional intelligence on the learning independency with a significant value> 0,05 (0,387>0,05); (3) there was a simultaneous significant influence of creativity and emotional intelligence on the learning independency with a significant value< 0,05 (0,000 <0,05). The regression line function equation is Y= 17,798 + 0,672X1 + 0,107X2. Keyword : Creativity, Emotional Intelligence, Learning Independency ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang (1) pengaruh kreativitas terhadap kemandirian belajar; (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar; (3) pengaruh kreativitas dan kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK X Banyudono tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 215 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa X, XI, dan XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling sebanyak 108 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Penelitian ini menggunakan uji validitas konstruk dengan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 26.0. Analisis data penelitian ini adalan analisis statistik dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikan < 0,05 (0,000<0,05); (2) tidak terdapat pengaruh siginifikan kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikan > 0,05 (0,387>0,05); (3) terdapat pengaruh signifikan secara simultan kreativitas dan kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikan < 0,05 (0,000 <0,05). Model persamaan fungsi garis regresinya adalah Y= 17,798 + 0,672X1 + 0,107X2. Kata Kunci : Kreativitas, Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.