PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA
Abstract
ABSTRACT The objective of this research is to determine whether or not portfolio assessment has an effect on self-regulated learning in accounting learning at State Vocational High School. This research used the quasi-experiment method with non-equivalent control group design. Its population was all of the students as many as 105 in Grade XI of Accounting Program of State Vocational High School. Cluster random sampling was used to determine its samples. The samples consisted of the students in Grade XI of Accounting Program 2 as experiment class and the students in Grade XI of Accounting Program 3 as control class. The data of the research were collected through questionnaire and documentation. They were analyzed by using the statistical descriptive and statistical inferential models. Testing the validity and reliability of the research questionnaire using SPSS 25 application. The result of the research shows that the portfolio assessment has a positive effect on the self-regulated learning in accounting learning at State Vocational High School. It shown by the value of Sig. (2-tailed) was 0,000 which was less than 0,05. The result of N-Gain shows the average of the experiment class was higher than the control group (0,41 > 0,14). It showed that students self-regulated learning was higher when using portfolio assessment than conventional assessment. Keywords: Portfolio Assessment, Self-Regulated Learning, Accounting Learning ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penilaian portofolio terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa kelas XI jurusan akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI AKL 2 sebagai kelompok eksperimen dan XI AKL 3 sebagai kelompok kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Keabsahan instrumen angket penelitian diperoleh melalui uji validitas dan uji reliabilitas dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penilaian portofolio terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta. Hal tersebut ditunjukkan dari perolehan nilai sig. 2-tailed kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil perhitungan NGain menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 0,41 > 0,14. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti penilaian portofolio memiliki kemandirian belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti penilaian konvensional. Kata Kunci: Penilaian Portofolio, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.