ANALISIS DYNAMIC GOVERNANCE PADA PROGRAM LAYANAN LAYAD RAWAT DI DINAS KESEHATAN KOTA BANDUNG

Alifatu Lela Mazidah, Feni Astuti, Muhamad Febi Romdhoni, Muhamad Ichsana Nur, Tedi Juana

Abstract

Sebagai salah satu kota sehat di Jawa Barat, pemerintah Kota Bandung telah berkomitmen untuk tetap mengembangkan layanan publik yang lebih baik dalam perawatan kesehatan. Salah satu upaya yang telah dilakukan untuk mendukung visi itu adalah melalui program "Layad Rawat". Meskipun demikian, potensi Bandung sebagai kota sehat sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan dengan yang telah disadari. Aktualisasi ideal dari potensi-potensi ini telah terhambat sebagai akibat dari kenyataan bahwa pemerintah belum menyediakan sumber perawatan kesehatan yang memadai dalam hal melayani masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tata kelola dinamis pada program "Layad Rawat" di Dinas Kesehatan Kota Bandung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program “Layad Rawat” mampu merefleksikan teori tata kelola yang dinamis meskipun belum ada perbaikan serius terkait dengan aturan dan regulasi yang cenderung lebih fleksibel.

Keywords

Dynamic Governance, pelayanan publik, layanan layad rawat, kota bandung

Full Text:

PDF

References

Asmawi Rewansyah. 2011. Kepemimpinan Dalam Pelayanan Publik. Jakarta: STIALAN

AG Subarsono. 2013. Evaluasi Kebijakan Publik: Konsep, Aplikasi, dan Teori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boon Siong Neo, Geraldine Chen. 2007. Dynamic Governance: Embedding, Culture, Capabilities, and Change in Singapore. Singapore: 5 Toh Tuck Link. Habani Pasolong. 2013. Teori Administrsi Publik. Bandung: Afabeta.

Isal Mawardi. “Apa Sih Arti Program Layad Rawat?”.https://jabar.tribunnews.com/2017/07/27/a pa-sih-arti-program-layad-rawat-simakpenjelasannya. pada tanggal 28 Juli 2019 pukul 11:43

Kasim, Azhar. 2015. Merekontruksi Indonesia: Sebuah Perjalanan Menuju Dynamic Governance. Jakarta: Buku Kompas

Riant Nugroho. 2014. Public Policy manajemen dinamika, analisis, konfergensi, dan kimia kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wawan Dhewanto dkk. 2014. Management Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: Andi offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.