Pelayanan Adminitrasi di Kantor Kepenghuluan Menggala Sempurna Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir

Siti Rusma, Ulung Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan di kantor penghulu menggala sempurna kepada masyarakat dan juga untuk mengetahui hambatan-hambatan dari pelayanan pengurusan Surat Pengantar KTP diKantor Kepenghuluan Menggala Sempurna Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Metode penelitian yang penulis gunakan ialah kuantitatif dengan format deskriptif yang menggunakan analisis wawancara mendalam dengan beberapa pegawai dan juga menggunakan quisioner sebagai tekhnik pengumpulan data. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa Analisis Pelayanan di Kantor Kepenghuluan Menggala Sempurna Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, khususnya pelayanan pengurusan Surat Pengantar KTP yaitu “Cukup Baik”. Hal ini didasarkan dari 5 indikator penelitian, yaitu indikator Tangibles, Reability, Responsive, Asurance, dan Emphaty, yang ternyata sebagian besar berada pada kategori Cukup Baik. Meskipun terdapat Beberapa hambatan antara petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terhambat oleh sarana prasarana yang ada, dan adanya sikap diskriminasi dari perangkat pegawai dalam melayani masyarakat.

Keywords

kepuasan masyarakat; pelayanan publik; pelayanan administrasi

References

Burhan, Bungin, 2013. Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta. Kencana

Rusli Budiman, 2004, Pelayanan Publik diera Reformasi, Teropong, Bandung

Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hilir No.04 Tahun 2018 Tentang Kepenghuluan

Peraturan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Nomor 04 Tahun 2018 Tentang Struktur Organisasi Tata Kerja Pemerintah Kepenghuluan

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.