Reformasi Birokrasi Lintas Generasi pada Sektor Transportasi Publik (Studi Kasus Persepsi Generasi Y dan Z)

Teguh Budi Santoso, Okki C. Ambarwati, Rino A. Nugroho, Didik G. Suharto

Abstract

Pelayanan publik di bidang transportasi saat ini telah menuntut dilakukan reformasi birokrasi dengan menggunakan teknologi didalamnya. YLKI menyebutkan bahwa karena buruknya layanan transportasi publik menyebabkan berkembanglah transportasi online di masyarakat. Mayoritas pengguna transportasi online adalah masyarakat generasi Y dan Z. Artikel ini bertujuan melihat faktor-faktor penggunaan transportasi online dari generasi tersebut dengan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai pertimbangan dalam reformasi di bidang transportasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis PLS SEM. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan faktor antara generasi Y dan Z dalam menggunakan transportasi online. Hasil dan implikasinya di bahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Kata kunci: transportasi online, TAM, generasi

Full Text:

PDF

References

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2013. Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. [Online]

Available at: https://www.bappenas.go.id/files/5413/9148/4109/Proyeksi_Penduduk_Indonesia_2010-2035.pdf

[Accessed 23 Juni 2018].

Benscik, A., G, H.-C. & T, J., 2016. Y and Z Generations at Workplaces. Journal Of Competitiveness, 8(3), pp. 90-106.

Bhattacherjee, A. 2001. Understanding information systems continuance: An expectation-confirmation model. MIS Quarterly: Management Information Systems, 25, 351-370.

Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementrian Perhubungan, 2017. Badan Penelitian Dan Pengembangan. [Online]

Available at: http://www.dephub.go.id/post/read/transportasi-sebagai-pendukung-sasaran-pembangunan-nasional

[Accessed 20 Juni 2018].

Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13, 319-340.

Denhardt, J. V. & Denhardt, R. B., 2007. The new public service : serving, not steering. Expanded ed. Armonk, NY: M.E. Sharpe.

Hair JR, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. & Sarstedt, M. 2014. A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM), Sage Publications.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. 2011. PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketing Theory and Practice,19(2), 139-151.

Harvey, D., 2001. Spaces of Capital: Towards a Critical Geography. New York: Routledge.

Heeks, R., 2003. Most e-Government for Development Project Fails: How Can Risks be Reduced?, Manchester: Institute for Development Policy and Manajement.

Iles, R., 2005. Problems and Characteristics Of Public Transport in Developing Countries. In: Public Transport In Developing Countries. s.l.:Emerald Group Publishing Limited, pp. 5-37.

Janelle, D. G. & Gillespie, A., 2004. Space – time Constructs for Linking Information and Space – Time Constructs for Linking Information and Communication Technologies with Issues in Sustainable Transportation. Transport Reviews, 24(6), pp. 665-677.

Janelle, D. G., 1968. Central place development in a time–space framework. Professional Geographer, 20(1), pp. 5-10.

Lai, P. C. & Zainal, A. A., 2015. Perceived Risk As An Extension To TAM Model: Consumers' Intention To Use A Single Platform E-Payment. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 9(2), pp. 323-331.

Nugroho, R. A., 2015. Electronic Government Adoption in Developing Countries: The Case of the Indonesian Electronic Procurement System (pp. 1–192). Australia: The University of Queensland.

Nurhadryani, Y., 2009. Memahami Konsep E-Governance Serta Hubungannya Dengan E-Government Dan E-Demokrasi. Yogyakarta, Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF).

Olgethorpe, J. E. & Miller , M., 1994. Determinant Of Perceived Health and Safety Risk of Selected Hazardous Product and Activities. Journal of Consumer Research, pp. 326-246.

Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia , 2017. Hasil Riset Manfaat Sosial Aplikasi On-Demand : Studi Kasus Gojek-Indonesia. [Online]

Available at: http://puskakom.ui.ac.id/publikasi/hasil-riset-manfaat-sosial-aplikasi-on-demand-studi-kasus-gojek-indonesia.html

[Accessed 23 Juni 2018].

Robbins, S. P. & Judge, T. A., 2008. Perilaku Organisasi Edisi. 12 ed. Jakarta: Salemba Empat.

World Bank, 2017. The Worldwide Governance Indicators. [Online]

Available at: http://info.worldbank.org/governance/wgi/#home

[Accessed 22 Juni 2018].

YLKI, 2017. Warta Konsumen: Transportasi Online; Kawan atau Lawan?. [Online]

Available at: https://ylki.or.id/2017/07/warta-konsumen-transportasi-online-kawan-atau-lawan/

[Accessed 18 Juni 2018].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.