Analisis Tata Ruang Kantor Di Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Klaten

Intan Kurniawati, Tri Murwaningsih, Tutik Susilowati

Abstract

Analisis Tata Ruang Kantor di Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kondisi dari tata ruang pada Kantor Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten, 2) Hambatan-hambatan yang timbul pada penataan ruang kantor pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten, 3) Upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam penataan ruang kantor pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan sumber data yang diperoleh yaitu dari narasumber atau informan, dokumen, dan arsip. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik bola salju (snowball sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Teknik uji validitas menggunakan triangulasi data atau sumber, dan triangulasi metode atau teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten ini memiliki luas ruang kantor yang tidak sesuai dengan jumlah pegawai, jumlah perabotan kantor kantor. Selain itu untuk penataan perabotan kantor belum memperhatikan asas terpendek. Untuk pengelolaan udara dalam dinas ini juga belum diperhatikan. Dalam dinas ini sudah memperhatikan penggunaan pencahayaan yang baik, warna ruangan, dan pengelolaan suara yang baik. 2) Hambatan dalam dinas ini yaitu keterbatasan luas ruangan, tidak adanya AC (Air Conditioner), dan pegawai kurang mengetahui tentang tata ruang kantor. 3) Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam dinas ini yaitu pengajuan permohonan gedung baru, pengajuan pengadaan AC (Air Conditioner), dan penataan ruangan berdasarkan kemampuan dan pengalaman dari pegawai.

Full Text:

PDF

References

Iram Shahzadi, Yasir Aftab Farooqi. 2014. Impact of Office Design and Reward System on Employee’s Performance and Motivation. International Journal Of Multidisciplinary Sciences And Engineering. Vol.5 (8), Pages 7-13. Pakistan. Departement of Management Sciences University f Gujarat. International.

Liang Gie, The. 2012. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset

Ramhawati. 2014. Manajemen Perkantoran. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sukoco, Badri M. 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Surabaya: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Teerikangas dan Irrmann. 2016. Cultural Change Following International Acquisitions: Cohabiting the Tension Between Espoused and Practiced Cultures. Volume 56, Issue 2, pp 195–226. Diperoleh dari https://link.springer.com/article/10.1007/s11575-015-0276-1, pada hari 20 Februari 2018.

Wolfeld, Leah R. 2010. "Effects of Office Layout on Job Satisfaction, Productivity and Organizational Commitment as Transmitted through Face-to-Face Interactions," Colonial Academic Alliance Undergraduate Research Journal: Vol. 1, Article 8. Published by W&M Publish.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.