Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek
Abstract
Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ketercapaian kompetensi belajar peserta didik. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu menjadi alternatif bagi peserta didik memperoleh pengalaman berwirausaha.
Tujuan dari makalah ini adalah untuk mendiskripsikan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam makalah ini yaitu kajian literatur dilakukan dengan cara mengkaji dari berbagai sumber yang relevan. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa mata pelajaran kewirausahaan dapat diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran yang dilakukan dengan model tersebut mendorong peserta didik untuk melakukan praktik, hal ini sesuai dengan karakteristik mata pelajaran kewirausahaan yang menekankan pada kegiatan praktikum. Praktik yang dilakukan dalam model pembelajaran berbasis proyek ini dilakukan dengan tahap (1) Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik dimana pertanyaan tersebut harus relevan dengan fenomena kehidupan sehari-hari yang mengacu pada kompetensi dasar yang akan diacapai (2) Guru Bersama peserta didik menyusun rencana proyek, dengan demikian peserta didik diharapkan akan merasa “memiliki” atas proyek
tersebut, (3) Guru Bersama peserta didik menyusun jadwal untuk pelaksanaan proyek, (4) Guru memonitor peserta didik dengan memperhatikan kemajuan proyek yang dilaksanakan, (5) setelah melakukan serangkaian proyek, guru menguji hasil proyek siswa (6) Pada tahap akhir guru memberikan evaluasi pengalaman peserta didik atas proyek atau kegiatan yang dilakukan.
Full Text:
PDFReferences
Baron, R. A., Branscombe, N. R., &
Byrne, D. 2008. Social Psychology
(12th ed.). Boston: Pearson Education.
BIE. 2001. Learning for the 21
Century and Framework for 21
Century Learning. Diakses pada
tanggal 10 Oktober 2018, dari alamat
www.bie.org
Cord, 2001. Contextual Learning
Resource. http://www.cord.org.
Diakses 3 Desember 2006
David, Osborne and Gaebler. 2008.
Mewirausahakan Birokrasi
(Reinventing Government), Jakarta :
Teruna Gravika
Dewa, Aditya Putra. 2015. Analisis
Kinerja Keuangan pt Indofood Sukses
Makmur Tbk Di Bursa Efek Indonesia.
Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.
, No. 3, Tahun 2015
Gorman, G., D, Hanlon, dan W. King.
“Entrepreneurship education:
The Australian perspective for the
nineties”. Journal of Small Business
Education 9: 1-14.
Izedonmi, Prince F. & Okafor, C.
The Effect Of Entrepreneurship
Education On Students’
Entrepreneurial Intentions. Global
Journal of Management and Business
Research Vol. 10 Issue 6 (Ver 1.0).
Kourilsky, M. L. dan W. B. Walstad,
Entrepreneurship and female
youth: knowledge, attitude, gender
differences, and educational practices”.
Journal of Business Venturing 13 (1):
-88.
Mahanal, S. 2009. Pengaruh
Pembelajaran Project Based Learning
pada Materi Ekosistem terhadap Sikap
dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2
Malang. Jurnal Sains. 1-10.
st
st
Prawirokusumo. 1997. Kewirausahaan.
Yogyakarta: Yogyakarta, Gajah Mada
Santyasa, Wayan I. 2007. Metodologi
Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja:
Universitas Pendidikan Ganesha
Santyasa. Wayan I. 2007. ModelModel
Pembelajaran Inovatif. Diakses
pada tanggal 12 Oktober 2018, dari
alamat http://www. freewebs. Com
Suyitno, Amin. 2005. Petunjuk Praktis
Penelitian Tindakan Kelas. Semarang
Thomas, A. 2000. Electronic
Commerce and the Implications for
Market Structure: The Example of the
Art and Antiques Trade, Journal of
Computer-Mediated Communication.
Thomas, J,W and Michaelson, A. 1999.
Project Based Learning : A Handbook
for middle and high school teachers,
Novato, CA: The Buck Instititue for
education
Wibowo, Agus. 2011. Manajemen
Kinerja, Jakarta : PT. Raja Grafindo
Sejahtera
Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan
Kewirausahaan (Konsep dan Strategi).
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winataputra, Udin S. 2008. Materi dan
Pembelajaran Matemtaika SD, Jakarta:
Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.