Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek

Julian Pascalia Kusuma Wardhani, Asri Laksmi Riani, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ketercapaian kompetensi belajar peserta didik. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu menjadi alternatif bagi peserta didik memperoleh pengalaman berwirausaha.
Tujuan dari makalah ini adalah untuk mendiskripsikan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam makalah ini yaitu kajian literatur dilakukan dengan cara mengkaji dari berbagai sumber yang relevan. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa mata pelajaran kewirausahaan dapat diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran yang dilakukan dengan model tersebut mendorong peserta didik untuk melakukan praktik, hal ini sesuai dengan karakteristik mata pelajaran kewirausahaan yang menekankan pada kegiatan praktikum. Praktik yang dilakukan dalam model pembelajaran berbasis proyek ini dilakukan dengan tahap (1) Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik dimana pertanyaan tersebut harus relevan dengan fenomena kehidupan sehari-hari yang mengacu pada kompetensi dasar yang akan diacapai (2) Guru Bersama peserta didik menyusun rencana proyek, dengan demikian peserta didik diharapkan akan merasa “memiliki” atas proyek
tersebut, (3) Guru Bersama peserta didik menyusun jadwal untuk pelaksanaan proyek, (4) Guru memonitor peserta didik dengan memperhatikan kemajuan proyek yang dilaksanakan, (5) setelah melakukan serangkaian proyek, guru menguji hasil proyek siswa (6) Pada tahap akhir guru memberikan evaluasi pengalaman peserta didik atas proyek atau kegiatan yang dilakukan.

Full Text:

PDF

References

Baron, R. A., Branscombe, N. R., &

Byrne, D. 2008. Social Psychology

(12th ed.). Boston: Pearson Education.

BIE. 2001. Learning for the 21

Century and Framework for 21

Century Learning. Diakses pada

tanggal 10 Oktober 2018, dari alamat

www.bie.org

Cord, 2001. Contextual Learning

Resource. http://www.cord.org.

Diakses 3 Desember 2006

David, Osborne and Gaebler. 2008.

Mewirausahakan Birokrasi

(Reinventing Government), Jakarta :

Teruna Gravika

Dewa, Aditya Putra. 2015. Analisis

Kinerja Keuangan pt Indofood Sukses

Makmur Tbk Di Bursa Efek Indonesia.

Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.

, No. 3, Tahun 2015

Gorman, G., D, Hanlon, dan W. King.

“Entrepreneurship education:

The Australian perspective for the

nineties”. Journal of Small Business

Education 9: 1-14.

Izedonmi, Prince F. & Okafor, C.

The Effect Of Entrepreneurship

Education On Students’

Entrepreneurial Intentions. Global

Journal of Management and Business

Research Vol. 10 Issue 6 (Ver 1.0).

Kourilsky, M. L. dan W. B. Walstad,

Entrepreneurship and female

youth: knowledge, attitude, gender

differences, and educational practices”.

Journal of Business Venturing 13 (1):

-88.

Mahanal, S. 2009. Pengaruh

Pembelajaran Project Based Learning

pada Materi Ekosistem terhadap Sikap

dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2

Malang. Jurnal Sains. 1-10.

st

st

Prawirokusumo. 1997. Kewirausahaan.

Yogyakarta: Yogyakarta, Gajah Mada

Santyasa, Wayan I. 2007. Metodologi

Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja:

Universitas Pendidikan Ganesha

Santyasa. Wayan I. 2007. ModelModel

Pembelajaran Inovatif. Diakses

pada tanggal 12 Oktober 2018, dari

alamat http://www. freewebs. Com

Suyitno, Amin. 2005. Petunjuk Praktis

Penelitian Tindakan Kelas. Semarang

Thomas, A. 2000. Electronic

Commerce and the Implications for

Market Structure: The Example of the

Art and Antiques Trade, Journal of

Computer-Mediated Communication.

Thomas, J,W and Michaelson, A. 1999.

Project Based Learning : A Handbook

for middle and high school teachers,

Novato, CA: The Buck Instititue for

education

Wibowo, Agus. 2011. Manajemen

Kinerja, Jakarta : PT. Raja Grafindo

Sejahtera

Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan

Kewirausahaan (Konsep dan Strategi).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winataputra, Udin S. 2008. Materi dan

Pembelajaran Matemtaika SD, Jakarta:

Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.