Kompetensi Sumber Daya Manusia Perkantoran Di Era Milenial

Carolina Lita Permatasari, Iis Nawati, Tri Wida Yanti, Zenitzca Syaputri Kusumawardhany

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Pergeseran paradigma ini tentunya menuntut kompetensi sumber daya manusia yang unggul di bidang teknologi informasi. Konsekuensinya, manusia dituntut pula memiliki kemampuan menganalisis suatu kasus atau berpikir logis. Fenomena yang terjadi di era revolusi industri 4.0 adalah kedudukan manusia yang akan digantikan oleh teknologi atau mesin apabila manusia tidak mampu menguasai teknologi tersebut. Kondisi ini menuntut logika berpikir manusia harus lebih tinggi daripada teknologi tersebut. Tidak heran dewasa ini pekerjaan teknis atau pelaksana rutin tergantikan oleh mesin yang pada akhirnya terjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang akan dihadapi SDM perkantoran di era revolusi industri 4.0 khususnya kesiapan lulusan administrasi perkantoran dalam dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang peneliti amati pada sumber daya manusia suatu kantor yayasan pendidikan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penentuan informan menggunakan teknik snowballing dengan teknik analisis triangulasi. Hasil dari penelitian ini bahwa kompetensi yang diperlukan oleh sumber daya manusia perkantoran untuk menghadapi revolusi industri 4.0 adalah kompetensi penguasaan teknologi informasi dan komunikasi serta kompetensi berpikir logis dan daya analisis. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa tidak menutup kemungkinan lulusan pendidikantinggi memiliki peluang kerja lebih kecil daripada lulusan pendidikan menengah atau kejuruan apabila tidak dibekali dengan dua kompetensi tersebut.

 

Kata Kunci: kompetensi teknologi informasi dan komunikasi, kompetensi bepikir logis

Full Text:

PDF

References

Aisyah, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Logis Siswa yang Memiliki Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak. Proseding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tifs Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan, Cetakan ke-1, Jogjakarta: DIVA Press.

Azwar, Saifuddin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni, Arif, M., Mahmud, I. R. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul, Pengitegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Machfoedz, Ircham. 2007. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Fitramaya.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta :Gajah Mada University Press.

Permatasari, CL. 2016. Penerimaan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Oleh Pengelola Keuangan Yayasan Pendidikan : Analisis Technology Acceptance Model. Journal Of Economic Education. Volume 5 (1).

Rina, L., Nurhaeni. 2016. Women’s Participation in Strategic Decission Making Opportunity and Obstruction. The 2nd Journal of Goverment and Politics

Rivai, Veithzal. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rusiyanti, R. 2009. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X. PPs Unsri.

Santosa, DS. 2015. Antusiasme Guru Dalam Program Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Determinannya. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret

Spencer, L.M & Spencer, S.M. 1993. Competence at Work. New York : Wiley

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 2005. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Wahyono, SB dan Pujiriyanto. 2010. Analisis Jalur Terhadap Tingkat Melek Tekonologi Informasi dan Komunikasi (ICT Literacy) Pada Mahasiswa FIP UNY, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Tidak disebutkan.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.