Perbedaan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Kedokteran Preklinik dan Dokter Muda di Fakultas Kedokteran UNS Semasa Pandemi Covid-19

Maryam Yasmin, Rohmaningtyas Hidayah Setyaningrum, Istar Yuliadi

Abstract

Pendahuluan: Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung sejak tahun 2020 membawa banyak sekali dampak dalam kehidupan manusia, termasuk kesehatan mental. Terdapat peningkatan kasus gangguan mental berupa kecemasan, depresi, dan juga PTSD di seluruh dunia. Peningkatan kecemasan pun juga terjadi mahasiswa yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti ekonomi, sarana prasarana yang tidak mendukung, ataupun infeksi COVID-19 itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan antara mahasiswa preklinik dan dokter muda selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dan didapatkan 92 sampel. Tingkat kecemasan diukur menggunakan kuisioner Zung Self-Rating Anxiety Scale (SAS/SRAS). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan.

Hasil: Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kecemasan yang signifikan secara statistik pada mahasiswa preklinik dan dokter muda selama pandemi COVID-19 berlangsung (p-value = 0,178).

Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan tingkat kecemasan yang bermakna antara mahasiswa preklinik dengan dokter muda di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret semasa pandemi COVID-19

Kata Kunci: kecemasan, mahasiswa preklinik, dokter muda, covid-19.

Full Text:

PDF

References

1. Allam Z. The First 50 days of COVID-19: A Detailed Chronological Timeline and Extensive Review of Literature Documenting the Pandemic. Surv Covid-19 Pandemic its Implic. 2020;(January):1–7.

2. Phelan AL, Katz R, Gostin LO. The Novel Coronavirus Originating in Wuhan, China: Challenges for Global Health Governance. JAMA - J Am Med Assoc. 2020;323(8):709–10.

3. Wang Z, Qiang W, Ke H. A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention. Hubei Sci Technol Press. 2020;1–108.

4. Xiong J, Lipsitz O, Nasri F, Lui LMW, Gill H, Phan L. Impact of COVID-19 pandemic on mental health in the general population: A systematic review. Elsevier Connect. 2020;(January).

5. Ifdil I, Yuca V, Yendi FM. Stress and anxiety among late adulthood in Indonesia during COVID-19 outbreak. JPPI (Jurnal Penelit Pendidik Indones. 2020;6(2):31–46.

6. Akhtarul Islam M, Barna SD, Raihan H, Nafiul Alam Khan M, Tanvir Hossain M. Depression and anxiety among university students during the COVID-19 pandemic in Bangladesh: A web-based cross-sectional survey. PLoS One [Internet]. 2020;15(8 August):1–12. Available from: http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0238162

7. Mahfud I, Gumantan A. Survey Of Student Anxiety Levels During The Covid-19 Pandemic. Jp.jok (Jurnal Pendidik Jasmani, Olahraga dan Kesehatan). 2020;4(1):86–97.

8. Masturoh I, Anggita N. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2018. 307 p.

9. Mirza AA, Baig M, Beyari GM, Halawani MA, Mirza AA. Depression and anxiety among medical students: A brief overview. Adv Med Educ Pract. 2021;12:393–8.

10. Lasheras I, Gracia-García P, Lipnicki DM, Bueno-Notivol J, López-Antón R, de la Cámara C, et al. Prevalence of Anxiety in Medical Students during the COVID-19 Pandemic: A Rapid Systematic Review with Meta-Analysis. Int J Environ Res Public Health [Internet]. 2020 Sep 10;17(18):6603. Available from: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32927871

11. Imran S, Shah A, Ahmed M. Medical students’ anxiety on beginning clinical studies. 2013;6(October):195–201.

12. Ghosh S. Emotional Maturity Among Adolecents. Golden Res Thought. 2013;2(8):4–7.

13. Matulessy A, Saragih S, Nawafil, Pradana HH, Pandin MGR. Social Support and Emotional Maturity to Reduce Students’ Online Learning Anxiety During Covid-19 Pandemic. Rev Int Geogr Educ Online. 2021;11(8):1752–60.

14. Son C, Hegde S, Smith A, Wang X, Sasangohar F. Effects of COVID-19 on college students’ mental health in the United States: Interview survey study. J Med Internet Res. 2020;22(9):1–14.

15. Özdin S, Özdin BŞ. Levels and predictors of anxiety, depression and health anxiety during COVID-19 pandemic in Turkish society: The importance of gender. Int J Soc Psychiatry. 2020;66(5):504–11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.