ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN PRODUK KERIPIK NANAS DI KUALA NENAS KOTA PEKANBARU

Elfa Azani Et, Jum'atri Yusri, Fajar Restuhadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian, mengevaluasi kepentingan dan kinerja atribut bauran pemasaran, dan mengetahui kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran keripik nanas produksi Desa Kualu Nanas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan konsumen membeli keripik nanas adalah untuk oleh-oleh dengan alasan keripik nenas merupakan makanan khas Riau dengan rasa enak. Dalam proses pengambilan keputusan pembelian, hanya 44% konsumen mencari informasi mengenai merek sebelum membeli. Alasan pemilihan tempat pembelian adalah kondisi tempat yang nyaman dan mudah dijangkau. Atribut pemasaran keripik nanas yang menurut konsumen penting tetapi kinerjanya masih rendah sehingga harus ditingkatkan oleh produsen adalah atribut pemberian tester. Atribut pemasaran yang menurut konsumen penting dan kinerjanya sudah baik sehingga harus dipertahankan oleh produsen adalah cita rasa produk, warna produk, izin dinkes, tanggal kadaluwarsa, label halal, kualitas kebersihan, isi kemasan, keutuhan bentuk, keterjangkauan harga, akses (lokasi) dapat dijangkau dengan mudah, papan nama toko, visibilitas dan kenyamanan tempat. Kepuasan konsumen termasuk kategori sudah puas.

 

This study aims to determine consumer characteristics, analyze consumer decision-making processes in purchasing, evaluate the importance and performance of marketing mix attributes, and determine consumer satisfaction with the marketing mix of pineapple chips produced by Kualu Nenas Village. Sampling uses Purposive sampling method. Data were analyzed using descriptive methods, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index. The results showed the consumer characteristics of pineapple chips in Pekanbaru City as follows: 73% female, the largest age group 26-31 years, 48% employment as private employees, 50% of undergraduate education, income above 4,500,000. The purpose of buying pineapple chips is for souvenirs because the food is typical of Riau with good taste. Only 44% of consumers seek information about brands before buying. The reason for choosing a place of purchase is the condition of a place that is comfortable and easily accessible. The attributes of pineapple chip that must be improved by the manufacturer are the attributes of the tester. The attributes that must be maintained so that consumers continue to buy pineapple chips are product taste, product color, health office permit, expiration date, halal label, hygiene quality, packaging contents, form integrity, affordability, accessible location, signpost name shop, visibility and comfort of the place. Attributes that according to consumers are not too important and their performance is low are information on the composition of raw materials, packaging design, competitive prices, product signboards and sales promotions. Attributes that have performed well but are not considered important are brand, product durability and store popularity. Consumer satisfaction of 82.03% means that consumers are satisfied.

Keywords

persepsi konsumen, bauran pemasaran, konsumen, keripik nenas, consumer perception, marketing mix, consumer, pineapple chip

Full Text:

PDF

References

Amertaningtyas, D. 2010. Kualitas Organoleptik (Kerenyahan dan Rasa)

Kerupuk Rambak Kulit Kelinci pada Teknik Buang Bulu yang Berbeda.

Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak, 5 (1), 18-22.

Audean, N. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran (produk, harga, promosi, tempat, distribusi) terhadap Volume Penjualan Agroindustri Keripik Nenas di Desa Kualu Nenas Kabupaten Kampar. Skripsi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Engel J. M. dan William D. P. 1995. Intisari Pemasaran: Sebuah Ancangan

Manajerial Global. Jakarta: Binaparu Angkasa.

Ikhwan, A.M. (2019/07/10). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Gumati Cafe- Bogor. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Bogor. Retrieved from http://www.google.co.id/url?q=http://rep

ository.ipb.ac.id/.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kotler, P dan Gary A. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid I dan Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Kuswara, E. 2013. Analisis Perilaku Konsumen dan Kepuasan Konsumen dalam Proses Keputusan Pembelian Lapis Bogor Sangkuriang. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Ningrum, E. 2018. Analisis Perilaku Konsumen Keripik Nenas Produksi Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Skripsi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Oktavia, R., Yanti, N.D., Wilda, K. 2018. Proses Keputusan Pembelian dan

Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Bolu Gulung Produksi HJ. Enong Bakery Martapura. Frontier Agribisnis, 2(2), 67- 76.

Rangkuti, F. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.