PENGEMBANGAN KAMPUNG SAYUR ORGANIK DI NGEMPLAK SUTAN, MOJOSONGO, JEBRES, SURAKARTA
Abstract
Abstract: This research aims to find out what factors are being a strengths,
weaknesses, opportunities and threats, to know the proper strategic alternatives to
formulate, and find out the best strategy to be applied in the development of Kampung
organic vegetable in Ngemplak Sutan, Mojosongo, Jebres, Surakarta. The basic
method of research is descriptive. Location determination research deliberately i.e.
organic vegetable in Ngemplak Sutan, Mojosongo, Jebres, Surakarta. The data used
are the primary and secondary data. The technique of data collection is done with
observations, interviews, and recording. The analysis of the data used is (1) Internal
Factor Evaluation (IFE) (2) External Factor Evaluation (EFE), (3) the SWOT
analysis, (4) analysis of the QSPM.The results of the Internal Factor Evaluation
Matrix (IFE) had seven and eight strengths weaknesses. Matrix External Factor
Evaluation (EFE) had six chances and four threats. SWOT analysis produces eight
alternative strategies that can be applied. Analysis of the QSPM produces the most
excellent strategy priorities for applied i.e. utilize advances in technology is there to
do the promotion and marketing.
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, mengetahui alternatif strategi
yang tepat untuk dirumuskan, serta mengetahui strategi yang paling baik untuk
diterapkan dalam pengembangan Kampung Sayur Organik di Ngemplak Sutan,
Mojosongo, Jebres, Surakarta. Metode dasar penelitian adalah deskriptif. Penentuan
lokasi penelitian secara sengaja yaitu di Kampung Sayur Organik di Ngemplak Sutan,
Mojosongo, Jebres, Surakarta. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observaasi, wawancara, dan pencatatan.
Analisis data yang digunakan adalah (1) Internal Factor Evaluation (IFE) (2) External
Factor Evaluation (EFE), (3) Analisis SWOT, (4) Analisis QSPM. Hasil penelitian
menunjukan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) memiliki tujuh kekuatan dan
delapan kelemahan.Matrik External Factor Evaluation (EFE) memiliki enam peluang
dan empat ancaman. Analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi yang
dapat diterapkan. Analisis QSPM menghasilkan prioritas strategi yang paling baik
untuk diterapkan yaitu memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk melakukan
promosi dan pemasaran.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/sepa.v14i1.21036
Refbacks
- There are currently no refbacks.