BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGEMBANGAN DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Sri Muldyahatmi

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama untuk peneliti dan decision maker tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan untuk melakukan perbaikan. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Batik I Surakarta sebanyak 30 orang. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa pelaksanaan metode konseling kelompok dapat meningkatkan pengembangan diri dan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Batik I Surakarta. Kemudian, pengembangan diri dan keterampilan komunikasi interpersonal pada peserta penelitian khususnya SMA Batik I Surakarta kelas XI IPA 1 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

 

Kata kunci:    bimbingan konseling, pengembangan diri, komunikasi interpersonal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.