Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Muadin Wasis Saeful Bahri, Widodo Widodo

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran fisika dengan lembar kerja siswa berbasis contextual teaching and learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pakem Yogyakarta tahun 2017/2018.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan hasil sebesar P=0,000, artinya ada perbedaan prestasi belajar kelas yang menggunakan LKS berbasis CTL dibanding dengan kelas dengan pembelajaran konvensional.Rata-rata nilai N-Gain diperoleh melalui data posttest dan pretest. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 0,5462 sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,6662. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan LKS berbasis CTL yang telah dikembangkan berpengaruh positif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII sehingga LKS berbasis CTL tersebut dapat dikembangkan lebih luas.

Keywords

Pengembangan; Contextual Teaching and Learning (CTL); Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi.,dkk. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi revisi.Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Pusat Bahasa Balai Pustaka.

Elaine B. Johnson. 2006. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan. Bandung: MLC.

Hamalik, O. 2008. Pendekatan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.

Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Kreatifitas Siswa SD. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya : UNESA.

Kusnandar. 2007. Guru Profesional Implementasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Prasetyo, Wahyhu. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Dengan Pendekatan Pmr Pada Materi Lingkaran Di Kelas Viii Smpn 2 Kepohbaru Bojonegoro.Surabaya : UNESA.

Suryabrata, S. 2003. Psikologi Belajar I. Jakarta: CV Rajawali.

Hendro, D. dan Jenny R. E. K. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.