Uji Homogenitas dan Stabilitas Suhu Mini Liquid Bath untuk Kalibrasi Termometer Digital Makanan

Liza Indrayani, Margi Sasono

Abstract

Abstrak: Uji homogenitas dan stabilitas suhu di dalam Mini Liquid Bath untuk kalibrasi termometer digital dalam industri makanan atau Digital Food Thermometer telah dilakukan. Mini Liquid Bath yang akan diuji memiliki bentuk tabung silinder dengan diameter 6.5 cm dan tinggi 13.5 cm. Uji homogenitas suhu dilakukan pada gradien radial dan axial pada silinder bath dengan menggunakan 6 buah sensor termokopel dari sebuah termometer multi channel. Sementara itu, uji stabilitas suhu menggunakan sebuah termometer yang diletakkan pada titik tengah geometris di dalam bath selama beberapa waktu. Selanjutnya, hasil uji ini digunakan untuk menentukan nilai sumbangan ketidakpastian dalam proses kalibrasi termometer digital dengan cara-cara ISO-GUM (International Standardization Organization-Guide Uncertainty Measurement). Berdasarkan hasil penelitian, kondisi stabil pada Mini Liquid Bath diperoleh yaitu pada titik suhu rendah berkisar  dengan ketidakpastian dan suhu tinggi berkisar  dengan ketidakpastian  Hasil uji homogenitas, pada suhu rendah diperoleh ketidakpastian sebesar  dan suhu tinggi diperoleh ketidakpastian . Hasil kalibrasi termometer digital dengan menggunakan Mini Liquid Bath tersebut diperoleh koreksi  untuk suhu rendah dengan ketidakpastian sebesar . Sementara itu, untuk suhu tinggi diperoleh koreksi  dengan ketidakpastian sebesar . Hasil kalibrasi ini dilaporkan dengan tingkat kepercayaan  dan faktor cakupan . Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa pada kalibrasi titik suhu rendah, ketidakpastian pengukuran sangat besar. Hal ini diduga akibat kontribusi signifikan ketidakpastian homogenitas dan stabilitas suhu pada titik suhu rendah.

Keywords

suhu, uji, homogenitas, stabilitas, Mini Liquid Bath, thermometer, kalibrasi

Full Text:

PDF

References

ANZFA (Australia New Zealand Food Authority). 2001. Standar-standar keselamatan makanan dan syarat-syarat pengawasan suhu. Canberra: Commonwealth Department of Health and Aged Care.

Sulaeman, C., Kusnadi. 2011. Kalibrasi Temperatur pada PT100 dan Thermocouple. JURNAL ILMIAH ELITE ELEKTRO, VOL. 2, NO. 2, SEPTEMBER 2011: 99-104.

Drnovšek, J., Bojkovski, J., Pušnik, I.1997. A general procedure for evaluation of calibration baths in precision temperature measurements.Canada: IEEE Instrumentation and Measurement Technology Conference

İnce, A.T., Aslanbay,G., Davut, A. 2010. Determination of homogeneity and stability of humidity test chambers. Turki: Turkish Standards Instıtution

KAN (Komite Akreditasi Nasional). 2003. Pedoman evaluasi dan pelaporan ketidakpastian pengukuran.Jakarta: National Accreditation Body of Indonesia.

Pornpatkul, C., & Suksathid, W. 2013. Liquid bath digital control system For digital thermometer calibration. Thailand: Department of Instrumentation and Control Engineering, Pathumwan Institute of Technology

ThermoWorks. 2013. Operation instructure mini temperature calibration bath. Amerika: ThermoWorks.

TLAS (Thai Laboratory Acreditation Scheme). 2008. Guidelines for calibration and checks of temperature controlled Enclosures. Thailand: TLAS.

WIKA. 2016. Operating limits and tolerances of platinum resistance thermometers per EN 60751: 2008. Germany: Alexander Wiegend.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.