Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Getaran dan Gelombang Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill)

Fitrianing Ekawati, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract

Abstrak: Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam  menyelesaikan soal-soal fisika pada materi getaran dan gelombang. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan SMPN 2 Geger.  Subyek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas VIII A. Analisis data dilakukan terhadap 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan metode tes. Validasi data dilakukan dengan triagulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dan data hasil tes. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: kesalahan dalam memahami konsep dan kesalahan interpretasi, siswa tidak dapat memahami simbol yang digunakan dalam  menjawab soal.

Keywords

Profil; Kesalahan Menyelesaikan Soal; Getaran dan Gelombang; HOTS

Full Text:

PDF

References

Istiyono, E., Mardapi, D., Suparno. 2014. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. (Online),(http://journal.uny.ac.id/indek.php/jpep/article/viewfile/2120/1765, diunduh 10 Maret 2017).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.