Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar dalam Bidang Kinematika, dan Korelasi antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMA Kelas XI Jurusan IPA di Kota Tanjungpinang dan Kota Metro

Maris Stella Vena Santi, Tarsisius Sarkim

Abstract

Abstract: The purposes of this research were develop to understanding about correlation between learning habits, learning achievements on kinematics. The research unitized correlational method. The population of research were all senior high school  students of XI class of science majors in Tanjungpinang city and Metro city. This research was conducted in six senior high schools in Tanjungpinang and seven senior high schools in Metro. This research used questionnaire of learning habits and test questions of kinematics as instruments.

The result showed that students of XI class of science majors in Tanjungpinang and Metro had good learning habits. The average percentage of learning habits score of students from Tanjungpinang and Metro each was 70,34% and 71,32%. It showed that the learning achievements about kinematic of students from Tanjungpinang was very low and was fair for students from Metro. The average percentage of learning achivements about kinematic of students from Tanjungpinang and Metro each was 43,38% and 56,12%. This research also showed that there was correlation between learning habits and learning achievements, with level significant was 0,05. The coefficient of correlation between learning habits and achivements in Tanjungpinang and Metro each was 0,151 and 0,119. And the coefficient of correlation overall was 0,150.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan belajar, prestasi belajar fisika siswa pada bidang kinematika. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA yang ada di kota Tanjungpinang dan kota Metro. Penelitian dilaksanakan di 6 SMA di kota Tanjungpinang dan di 7 SMA di kota Metro. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kebiasaan belajar dan soal tes tentang kinematika. Data yang didapatkan dianalisis secara statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar siswa kelas XI IPA, baik di kota Tanjungpinang maupun kota Metro, rata-rata tergolong baik. Rata-rata persentase skor kebiasaan belajar responden dari kota Tanjungpinang dan kota Metro masing-masing adalah sebesar 70,34% dan 71,32%. Hasil ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas XI IPA di kota Tanjungpinang tergolong rendah, sedangkan prestasi belajar siswa di kota Metro tergolong cukup. Rata-rata persentase skor prestasi belajar responden dari kota Tanjungpinang dan kota Metro masing-masing adalah sebesar 43,38% dan 56,12%. Terdapat korelasi yang signifikan antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar fisika dengan level signifikan 0,05. Koefisien korelasi antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar di kota Tanjungpinang dan kota Metro masing-masing adalah 0,151 dan 0,119. Sedangkan koefisien korelasi secara keseluruhan adalah 0,150.

Keywords

Kebiasaan Belajar; Prestasi Belajar; Kinematika Fisika; Kota Tanjungpinang; Kota Metro

Full Text:

PDF

References

Asra, Abuzar & Achmad Prasetyo. (2015). Pengambilan Sampel dalam Penelitian Survei. Jakarta. Indonesia: Rajawali Pers.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Indonesia: Alfabeta.

Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo. (2015, 29 Desember). Diambil dari http://eprints.ung.ac.id/11029/

Ini alasan Mendikbud usulkan “Full Day School” (2016, 8 Agustus). Diambil dari http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/08/12462061/ini.alasan.mendikbud.usulkan.full.day.school

Kristanti, Fransiskha Silvia Bety. (2007). Hubungan Kebiasaan Belajar Siswa dan Hasil Akademik Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Para Siswa Kelas II SMP Pangudi Luhur Sedayu Yogyakarta Tahun Ajaran 2006/2007. Yogyakarta. Indonesia: Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Laporan Hasil Ujian Nasional. (2015). Diambil dari http://118.98.234.50/lhun/statistik.aspx

Ratnaningsih, Hemma. (2006). Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Fisika pada Siswa Kelas II SMA Pangudi Luhur Yogyakarta Tahun Pelajaran 2006/2006. Yogyakarta. Indonesia: Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sanata Dharma.

Sekolah Kita. Diambil dari http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/

Suparno, Paul. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta. Indonesia: Universitas Sanata Dharma.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.