Need Assessment untuk Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Fisika SMA Disertai LKM Berorientasi Icare untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan

Jurubahasa Sinuraya, Ida Wahyuni, Deo Demonta Panggabean

Abstract

Abstract: This study is the first year of three years. This study aims to: (1) know the lecturer's perceptions of the use of ICARE-oriented Students Worksheet in textbooks, and (2) to describe the trend of student learning styles. The type of research used in the entire study is Research and Developmet (R & D). Research subjects are lecturers and Students in Basic of Mathematics and Sciences Group. The first year's study contains the need assessment, and the drafting of the initial draft of textbooks for high school physics courses with ICARE-oriented Students Worksheet. Data collection techniques used were questionnaire, observation, interview, and documentation study, and supported by logbook and focus group discussion (FGD). Data were analyzed descriptively qualitative. The results of the first year study obtained data on the initial conditions of sample 50 students and 10 lecturers Basic of Mathematics and Sciences Group are as follows: The results have been achieved is some description of the need to serve as a basis in developing textbook subjects physics high school, namely: lecturers' perceptions of the use of ICARE-oriented Students Worksheet in high school physics textbooks averaged 86.67 (much needed); with details of the introduction aspect of an average score of 90.55 (much needed), conecting an average score of 89.33 (very satisfactory), applying an average score of 81.33 (required), reflecting an average score of 81.00 (required) and extending an average score of 84.00 (required), and (2) based on self-assessment students' learning styles tend to be visual and kinesthetic in order of an average score of 74.00 and 66.50.

 

Abstrak: Penelitian ini merupakan kegiatan tahun pertama dari tiga tahun. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persepsi dosen terhadap penggunaan LKM berorientasi ICARE dalam buku ajar, dan (2) mendeskripsikan kecenderungan gaya belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam keseluruhan penelitian ini adalah Research and Developmet (R & D). Subjek penelitian adalah para dosen dan Mahasiswa MIPA Dasar. Penelitian tahun pertama berisi tentang need assesment, dan penyusunan draft disain awal buku ajar mata kuliah fisika SMA disertai LKM berorientasi ICARE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, serta didukung dengan buku catatan lapangan/logbook dan focus group discussion (FGD). Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tahun pertama diperoleh data mengenai kondisi awal dari sampel 50 orang mahasiswa dan 10 orang dosen MIPA Dasar adalah sebagai berikut: Hasil yang telah dicapai adalah beberapa deskripsi kebutuhan untuk dijadikan sebagai dasar dalam mengembangkan buku ajar mata kuliah fisika SMA, yaitu: (1) persepsi dosen terhadap penggunaan LKM berorientasi ICARE dalam buku ajar fisika SMA skor rata-rata 86,67 (sangat dibutuhkan); dengan rincian: penggunaan aspek introduction skor rata-rata 90,55 (sangat dibutuhkan), conecting skor rata-rata 89,33 (sangat memuaskan), applying skor rata-rata 81,33 (dibutuhkan), reflecting skor rata-rata 81,00 (dibutuhkan) dan extending skor rata-rata 84,00 (dibutuhkan), dan (2) berdasarkan penilaian diri gaya belajar mahasiswa cenderung visual dan kinestetik secara berurutan skor rata-rata 74,00 dan 66,50.

Keywords

need asssesment; buku ajar; LKM; berorientasi; ICARE

Full Text:

PDF

References

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. (2001). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Boston: Pearson.

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. (2007). Educational Research. New York: Pearson Education, Inc.

Gustafson, K. L., & Branc, R.M. (2002). Survey of Instructional Development Models New York: ERLC Clearinghouse on Information & Technology.

Majid, A., dan Rochman, C., (2013). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2014. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Motlan, Sinuraya, J., dan Tarigan, R. (2012). Penerapan Metode Inkuiri Berbasis Blended Learning (Laporan Penelitian Guru Besar dan Doktor Sesuai Keahlian).

NSES. (1996). National Science Education Standard, Washington, DC: National Academy Press

Pannen, P. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka

Dekan FMIPA Unimed. (2017). Pengantar Dekan: Rapat Kerja Dosen FMIPA Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan: Medan

Poerwati, L., dan Amri, S., (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013, Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Rose, Collin dan Nicholl, Malcolm J. (2002). Accelerated Learning for The 21st Century. Bandung: Nuansa.

Salyers, V., Carter, L., Barrett, P., Williams, L. (2010). Evaluating Student and Faculty Satisfaction with a Pedagogical Framework. Journal of Distance Education, Vol 24, no 3. AU Press, Athabasca University.

Sinuraya, J. (2004), Penerapan Model Pembelajaran CTL dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dasar I Bagi Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan, Laporan Teaching Grant Dana Semi Que V, Medan, FMIPA Universitas Negeri Medan.

Sinuraya, J., Simatupang, S., &Wahyuni, I. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Capaian Kompetensi Fisika Umum II Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (1), 24-33.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.

Trianto, (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning di Kelas). Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wahyudin, D. (2010). Model Pembelajaran ICARE pada Kurikulum Mata Pelajaran TIK di SMP (ICARE based Instructional Model on ICT Curriculum in Yunior Secondary School). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11, No. 1, April 2010. UPI: Bandung.

Wahyudin, D. & Susilana, R. (2012). Kurikulum & Pembelajaran: Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.