Peningkatan Oral Activities dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Mata Kuliah Development of Students PGMIPA-U Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Tahun Akademik 2014/2015

Hani Irawati, M. Joko Susilo, Nani Aprilia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Two Stay Two Stray. Melihat banyaknya siklus untuk meningkatkan oral activities dan hasil belajar mahasiswa, serta untuk mengetahui besarnya peningkatan oral activities dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Development of Students dengan model Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action research). Subjek penelitiannya adalah mahasiswa kelas PGMIPA-U Pendidikan Biologi FKIP UAD semester 2 tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 19 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunaka observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Two Stay Two Stray dapat terlaksana sesuai dengan sintaks-sintaksnya, pada siklus I rerata oral activities mahasiswa sebesar 55.63%, siklus II 70.98% dan siklus III 81.74%. Rerata hasil belajar mahasiswa pada siklus I 74.74, siklus II 82.22, dan siklus III 82.44. Peningkatan oral activities dari siklus I ke siklus II sebesar 30.7% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 19.34%, peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II 10.01% dan siklus II ke siklus III sebesar 0.27%

 

Keywords:        oral activities, hasil belajar, two stay two stray, development of students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.