Pengaruh Media Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Pewarisan Sifat Makhluk Hidup
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media PhET Simulation terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pewarisan sifat makhluk hidup. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar peserta didik serta kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan di salah satu SMP Negeri di Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media PhET Simulation dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional (LKS). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji statistik non-parametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media PhET Simulation memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Media ini mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep peserta didik melalui visualisasi interaktif, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi secara lebih efektif. Oleh karena itu, media PhET Simulation direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi Chandrawita, E., & Lufri, L. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Elektronik Terintegrasi Live Worksheet Berbasis Android Tentang Materi Protista Untuk SMA. Jurnal Bioshell, 12(2), 103–110. Https://Doi.Org/10.56013/Bio.V12i2.2379
Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Penerapan Media Simulasi Menggunakan Phet ((Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Pendidikan Fisika, 3, 74–82.
Hasbiyati, H. (2020). Analisa Efektifitas Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Pada Peningkatan Hasil Belajar Biologi. Bio-Lectura, 7(1), 10–14. Https://Doi.Org/10.31849/Bl.V7i1.4034
Herodotou, C., Aristeidou, M., Scanlon, E., & Kelley, S. (2022). Virtual Microscopes And Online Learning: Exploring The Perceptions Of 12 Teachers About Pedagogy. Open Learning, I(2). Https://Doi.Org/10.1080/02680513.2022.2112661
Hikamah, S. R., & Hariyanto, H. (2022). The RCCDE Learning In Understanding The Concept Of Seawater Invertebrates In Tabuhan Island Bangsring Banyuwangi, Indonesia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(2), 229–241. Https://Doi.Org/10.31932/Jpbio.V7i2.1809
Laksono, P., Wicaksono, A., & Habisukan, U. H. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Simulasi Phet Sebagai Media Interaktif Virtual Laboratorium Di Mts Tarbiyatussibyan. Jurnal Anugerah, 4(2), 179–192. Https://Doi.Org/10.31629/Anugerah.V4i2.4843
Lamanepa, G. H., Begu, P. O., Ki’i, O. A., & Pasaribu, R. (2020). Simulasi Aplikasi Interaktif Phet Bagi Siswa Sma Plus Nusa Timor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 642. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V4i1.3286
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 1–4.
Mardhatilla, Z. M. (2021). Phet Simulation Sebagai Penunjang Pembelajaran IPA Secara Online Selama Pandemi Covid-19. Proceeding Of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1(1), 441–448.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. Https://Doi.Org/10.46781/Al-Mutharahah.V18i2.303
Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi Phet Terhadap Efektifitas Belajar Ipa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227–236. Http://Jurnal.Abulyatama.Ac.Id/Index.Php/Dedikasi
Ramadhan, A., Hasyim, F., & Wibowo, H. A. C. (2019). Efektifitas Pembelajaran Fisika Bab Gaya Menggunakan Media Simulasi Phet Dan Alat Peraga Sederhana Pada Siswa Smp Kelas 8 Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi. 4(1), 2527–5917.
Rusydi, I. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/290643/Peranan-Perkembangan-Teknologi-Informasi-Dan-Komunikasi-Dalam-Kegiatan-Pembelaja
Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri Plus Sukowono Materi Usaha Dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 200. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V8i2.9586
Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PHET Simulation Sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar Dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.17509/Edsence.V2i1.25184
Umami, M., Hasbiyati, H., & Muslim, I. B. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Media E-Book Berekstensi Epub. Jurnal Educazione, 7(1), 26–35.
Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi Phet Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39. Https://Doi.Org/10.52434/Jpif.V1i2.1448
Widia, I. W. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Indonesian Journal Of Educational Development, 1(2), 262–273. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4004185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
