Kajian Urgensi Pendidikan Hak Asasi Manusia Dalam Dinamika Masyarakat Multikultural di Indonesia

Widya Noventari, Yudi Ariana, Raharjo Raharjo, Anis Suryaningsih

Abstract

Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak kondrati yang dimiliki oleh setiap individu sejak lahir dan sampai meninggal dunia yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Dewasa ini kesadaran akan pentingnya HAM dalam kehidupan bersama harus terus ditingkatkan. Mengingat sampai saat ini masih banyak kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mengenai urgensi atau pentingnya pendidikan Hak Asasi Manusia (HAM) di dalam keberagaman entitas, suku, ras, budaya, bahasa, dan agama yang ada di Indonesia. Penelitian menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara multikultural dengan dinamika dan tantangan keberagaman yang ada sangat rawan terjadinya kasus pelanggaran HAM. Oleh karenanya, pendidikan HAM dirasa penting untuk menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati serta melindungan harkat dan martabat sesama manusia. Pendidikan HAM juga sebagai salah satu langkah preventif dan ikhtiar bersama dalam upaya memajukan, melindungi dan menghormati HAM ditengah dinamika multikultural masyarakat Indonesia.

 

Kata Kunci:Penddikan, Hak Asasi Manusia, Multikultural.

Full Text:

PDF Remote

References

Alkatiri, Zeffry. 2010. Belajar Memahami HAM. Jakarta: Penerbit Ruas.

Budijanto, Oki Wahju & Rahmanto, Tony Yuri. 2021. Pencegahan Paham Radikalisme melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal HAM Volume 12 Nomor 1, April 2021 diakses pada 4 Agustus 2021.

Creswell, J,W., 2014, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Geertz, Clifford, 1992, Kebudayaan dan Agama, diterjemahkan oleh F. Budi Hardiman dari The Interpretation of Cultures, Yogkakarta: Kanisius.

Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Herdiansyah, H., 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif: Untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.

Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kladen, Ignas. 1987. Berfikir Strategis Tentang Kebudayaan. Jurnal Prisma, Nomor 3 tahun XVI.

Koentjaraningrat. 1985. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT. Gramedia.

Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.

MD, Mahfud. 2009. Politik Hukum di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Majda El Muhtaj, “Pendidikan HAM Di Era Digital: Peluang Dan Tantangan,” in Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tema: Tantangan Yang Dihadapi Dalam Dunia Pendidikan Dan Social Studies Di Era Revolusi Industri 4.0, vol. 2 (Medan: Universitas Negeri Medan, 2018).

Mardalis. 1990, Metode Penelitian: Suatu pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara Cetakan Pertama

Mudzakir, “Mengangankan Pendidikan HAM Di Indonesia,” Perpustakaan.Bappenas.Go.Id, last modified 2002, accessed January 18, 2021, diakses pada 4 Oktober 2021.

Muhtaj, Majda El. 2018. Dua Dekade Ranham Indonesia; Implementasi Komitmen HAM Pemerintahan di Era Reformasi, dalam Hak Asasi Manusia; Politik, Hukum dan Agama di Indonesia, ed. Oleh Al Khanif dan Manunggal K. Wardaya. Yogyakarta: LKiS.

Muhtaj, Majda El, dkk. 2020. Literasi Hak Asasi Manusia Dalam Kurikulum Pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal HAM, Vol 11, No 3 Desember 2020. diakses pada 4 Agustus 2021.

Moleong, L,J., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasikun. 2007. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Nasir, Moh. 1998, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Patton, M,Q., 2009, Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peursen, Van. 1988. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sadli, Saparinah. 2005. Pendidikan HAM di Perguruan Tinggi diakses pada 16 Juli 2021.

Sedyawati, E. 2007. Budaya Indonesia, Kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tilaar. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional; Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Widodo, Rusman. 2017. Sekolah Ramah Hak Asasi Manusia (SR HAM). diakses pada 4 Agustus 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.