Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek dengan Pendekatan Bermain Peserta Didik Kelas XI 3 SMA Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek peserta didik kelas XI-3 SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2024/2025 melalui pendekatan bermain. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik yang dipilih berdasarkan evaluasi awal hasil belajar mereka pada materi lari jarak pendek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Pada siklus pertama, rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 70 dengan tingkat ketuntasan 60%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 85 dengan tingkat ketuntasan 88,6%. Selain itu, pendekatan bermain juga meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi peserta didik selama pembelajaran.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan bermain merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek dan dapat diterapkan pada berbagai materi pembelajaran Pendidikan Jasmani lainnya.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.