Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknologi dan CRT Terhadap Hasil Belajar di SMK N 2 Semarang

Nanda Amalia, Utvi Hinda Zhannisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan rata-rata nilai antara dua kelas, yaitu X MPLB 1 dan X PPLG 1, menggunakan uji statistik t dua sampel. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai X MPLB 1 sebesar 83,72 lebih rendah dibandingkan X PPLG 1 sebesar 85,08, dengan P-value sebesar 0,013 (one-tail) dan 0,027 (two-tail), yang menunjukkan perbedaan signifikan secara statistik pada taraf signifikansi 5%. Perbedaan ini menunjukkan adanya faktorfaktor yang memengaruhi hasil belajar siswa di kedua kelas, seperti metode pengajaran atau pendekatan pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran PJOK, integrasi teknologi, seperti penggunaan aplikasi analisis gerakan, perangkat wearable, dan simulasi berbasis VR, diusulkan sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan menyelaraskan kemampuan individu. Temuan ini menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar secara efektif dan merata.

Keywords

Pendidikan Jasmani, Teknologi, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Husain, C., Sma, G., & Tarakan, M. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Jurnal Pendidikan, 2(1).

Setyawati, Y., Septiani, Q., Aulia Ningrum, R., & Hidayah, R. (2021). Imbas negatif globalisasi terhadap pendidikan di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 45–52. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Gerlach, V. S., & Ely, D. P. (1971). Teaching and media: A systematic approach. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.