Pengaruh Pendidikan Sepak Bola Futsal Terhadap Kecerdasan Sosial dan Emosional Siswa SMP Negeri 1 Tanjung Raja

Muhammad Aqil Afkar, Muhammad Taheri Akbar, Bambang Hermansah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Pendidikan sepakbola futsal terhadap kecerdasan sosial dan emosional siswa SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Raja yang berjumlah sebanyak 226 orang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Purposive Sampling dengan tiga kriteria; (1) bersedia menjadi sampel penelitian, (2) siswa kelas VIII berjenis kelamin laki-laki, (3) aktif dalam berlatih atau bermain permainan futsal. Sampel yang terdapat pada penelitian ini sebanyak 111 siswa laki-laki. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test terhadap nilai angket pretest dan posttest dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5% dengan bantuan software SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil analisa dan pengolahan data pada pengaruh pembelajaran PJOK terhadap kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial diperoleh nilai Sig (2-tailed) <0,05 yaitu sebesar 0,000, yang menandakan H1 pada penelitian ini diterima, dan hasil ini menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan sepakbola futsal terhadap kecerdasan sosial dan emosional siswa SMP Negeri 1 Tanjung Raja.

Keywords

Pembelajaran PJOK, Futsal, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, Siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.