PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar lompat melalui pendekatan bermain pada siswa Kelas IV SD N Pajang IV Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD N Pajang IV Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang di dasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Dari analisis yang diperoleh hasil dari kondisi awal siswa yang tuntas hanya 11 siswa atau 40,75%, di siklus pertama siswa yang tuntas menjadi 17 siswa atau 62,96%, dan di siklus kedua siswa yang tuntas menjadi 22 siswa atau 81,48%, sedangkan 5 siswa lainnya yang belum tuntas.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat pada siswa Kelas IV SD N Pajang IV Tahun Ajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.