UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN
Abstract
Tujuan penelitian adalah “untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Gerak Dasar Lari pada peserta didik kelas V SD Negeri 02 Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017”.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah peserta didik Kelas V SD Negeri 02 Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017. Yang berjumlah 22 peserta didik, terdiri dari 9 peserta didik putra dan 13 peserta didik putri. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dan hasil belajar. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan kuantitatif.
Hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu hasil belajar gerak dasar lari. Hasil belajar gerak dasar lari pada siklus I diperoleh hasil nilai psikomotor yang tuntas adalah 36,35% atau 8 peserta didik, dari nilai afektif yang tuntas adalah 45,45% atau 10 peserta didik, dari nilai kognitif yang tuntas adalah 68,2% atau 15 peserta didik, dan yang tergolong dalam kategori tuntas adalah 40,9% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 9 peserta didik. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar gerak dasar lari peserta didik dalam kategori tuntas sebesar 90,9% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 20 peserta didik, dari nilai psikomotor yang tuntas adalah 72,7% atau 16 peserta didik, dari nilai afektif yang tuntas adalah 90,9% atau 20 peserta didik, dan dari nilai kognitif yang tuntas adalah 100% atau 22 peserta didik tuntas semua.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari pada peserta didik kelas V SD Negeri 02 Karangmojo Kec. Tasikmadu Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.